Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel untuk siswa kelas VII SMP / Siti Nurhasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel untuk siswa kelas VII SMP / Siti Nurhasanah

Nurhasanah, Siti (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel untuk siswa kelas VII SMP / Siti Nurhasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhasanah Siti. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Persamanaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran pendekatan saintifik penemuan terbimbing persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Perubahan kurikulum yang terjadi pada tahun 2013 (lebih dikenal dengan kurikulum 2013) mengakibatkan perubahan pada proses pembelajaran di kelas baik peran guru kegiatan pembelajaran maupun keterlibatan siswa dalam pembelajaran tersebut. Perubahan tersebut disertai dengan pengadaan buku teks untuk menunjang kurikulum. Namun ada beberapa bagian dari buku teks tersebut yang kurang sesuai dan masih perlu ditunjang oleh sumber belajar lain. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan LKS sebagai salah satu sumber belajar alternatif. Dalam mengembangkan LKS harus memuat langkah pendekatan saintifik sesuai K13. Dalam pendekataan saintifik juga dianjurkan menggunakan metode pembelajaran yang ada yang memberikan peningkatan keterlibatan siswa saat proses belajar. Salah satu metode tersebut adalah metode penemuan terbimbing. Perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis penemuan terbimbing yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang memuat aktivitas-aktivitas yang disesuaikan dengan perpaduan tahapan pembelajaran pada pendekatan saintifik dengan model penemuan terbimbing. Tahapan pendekatan saintifik berbasis penemuan terbimbing yaitu mengamati menanya (mengajukan pertanyaan dan merumuskan hipotesis) mengumpulkan informasi (mengumpulkan data) mengasosiasi (menganalisis data dan menarik kesimpulan) dan mengomunikasikan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp (2013) dengan fase penelitian terdiri atas (1) fase investigasi masalah dan analisis kebutuhan (2) fase pengembangan desain dan implementasi dan (3) fase evaluasi. Uji kevalidan dilakukan oleh validator ahli dan validator praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan menerapkan produk pada 8 siswa kelas VII sebagai subjek uji coba dengan diamati oleh dua orang observer / pengamat. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 3125 dan 3 37167 (2) skor kepraktisan berdasarkan observasi kegiatan guru adalah 3 4236 dan berdasarkan angket respon siswa adalah 3 453125 (3) skor keefektifan berdasarkan observasi kegiatan siswa adalah 3 4333 (4) presentase banyak siswa yang mendapatkan nilai latihan soal di atas 70 adalah 75%. Dengan demikian perangkat pembelajaran ini telah dinyatakan valid praktis dan efektif. Meskipun begitu revisi tetap dilakukan berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba demi penyempurnaan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17457

Actions (login required)

View Item View Item