Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa SMP kelas VII / Serli Evidiasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa SMP kelas VII / Serli Evidiasari

Evidiasari, Serli (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa SMP kelas VII / Serli Evidiasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Evidiasari Serli.2016. PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisPenemuanTerbimbingMateriPersamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu VariabeluntukSiswaSMP Kelas VII.Skripsi JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S M.Sc. Kata Kunci perangkatpembelajaran penemuanterbimbing persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Matematika merupakan suatu alat untuk mengembangkan cara berpikir sehingga sangat diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan serta berperan penting dalam kemajuan IPTEK.Oleh sebab itu matematikadiajarkan di sekolah sejak tingkat dasar sampai menengah atas. Belajar matematika harus terorganisasi dengan baik karena materi sebelumnya dan sesudahnya saling terkait dan mendukung. Selain itu siswajuga harus aktif agar pengetahuan yang didapat dapat dipahami dengan lebih baik dan diingat lebih lama. Salah satu cara belajar yang mendukung adalah belajar menemukan. Belajar menemukan adalah proses belajar yang menuntut siswa menemukan sendiri suatu pengetahuan. Namun menemukan suatu konsep dianggap sulit untuk dilaksanakan bila tanpa bimbingan guru. Oleh sebab itu metode belajar lain yang dianggap lebih baik adalah penemuan terbimbing. Dalam pembelajaran dengan penemuan terbimbing guru memberikan bimbingan berupa pertanyaan yang mengarahkan siswa pada suatu kompetensi yang ingin dicapai. Selain pemilihan metode tujuanpembelajarandapattercapaijika guru melakukanperencanaan dengan baik. Perencanaan proses pembelajaran ini dapat dilakukan dengan menyusun perangkat pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan beberapa guru SMP banyak dari mereka yang mengunduh perangkat pembelajaran di internet tanpa mengubahnya. Padahal masih ditemukan banyak kekeliruan pada perangkat tersebut. Guru juga mengaku bahwa metode yang digunakan monoton yaitu mengerjakan soal dan sumber belajar hanya berupa buku paket saja. Guru beralasan tidak sempat mengembangkan LKS. Hal ini diduga karena perencanaan pembelajaran di awal tidak maksimal. Berdasarkan wawancara dengan siswa SMP Negeri 4 Malang persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa. Padahal materi tersebut penting sebagai materi prasyarat materi-materi lainnya. Oleh sebab itu pengembang bermaksud mengembangkan perangkat pembelajaran materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang berbasis penemuan terbimbing. Perangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbing yang dikembangkandalampenelitianiniadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) danLembarKegiatanSiswa (LKS) yang memuataktivitas-aktivitas yang disesuaikandenganperpaduantahapanpembelajarandenganmetodepenemuanterbimbing. Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmembuatperangkatpembelajaranberbasispenemuanterbimbingpadamateripersamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang valid praktis danefektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item