Oktaviani, Dhita Nur (2016) Analisis cluster dan analisis diskriminan terhadap kualitas pendidikan sekolah menengah pertama (studi kasus pengelompokan kualitas pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) berdasarkan mutu pendidikan di Kota Wisata Batu) / Dhita Nur Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Oktaviani Dhita Nur. 2016. Analisis Cluster dan Analisis Diskriminan terhadap Kualitas Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus Pengelompokan Kualitas Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berdasarkan Mutu Pendidikan di Kota Wisata Batu). Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Trianingsih Eni Lestari S.Si M.Si. Kata kunci kualitas pendidikan analisis faktor analisis cluster analisis diskriminan. Mutu pendidikan adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh jasa pelayanan pendidikan secara internal maupun eksternal yang menunjukkan kemampuannya memuaskan kebutuhan yang diharapkan atau yang tersirat mencakup input proses dan output pendidikan. Mutu pendidikan yang dimaksudkan dalam penelitian ini meliputi sumber daya manusia sarana prasarana capaian UN dan akreditasi sekolah. Tujuan penulisan skripsi ini adalah analisis cluster dan analisis diskriminan untuk mengelompokkan kualitas pendidikan SMP di Kota Wisata Batu berdasarkan mutu pendidikan. Pengelompokan dilakukan pada 26 SMP dengan analisis cluster menggunakan metode hierarki. Indeks validitas yang digunakan untuk mengetahui jumlah kelompok optimum dari kelima metode tersebut adalah RMSSTD (Root Mean Square Standart Deviation). Pengujian ketepatan klasifikasi tersebut menggunakan analisis diskriminan berdasarkan hasil pengelompokan dengan analisis cluster. Pada analisis cluster ukuran jarak yang digunakan adalah jarak Mahalanobis karena terdapat multikolinearitas dan diperoleh nilai indeks RMSSTD terkecil adalah 10 629 yaitu pada metode Ward dengan jumlah kelompok sebanyak 4. Pengelompokan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh faktor-faktor dominan seperti rata-rata ujian nasional akreditasi sekolah ratio siswa/guru jumlah tenaga kependidikan serta jumlah ruang kelas yang dapat diketahui dari hasil analisis diskriminan. Analisis diskriminan menggunakan data faktor skor (score factors) hasil dari analisis faktor dengan metode eksplorasi komponen utama. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ketepatan klasifikasi berdasarkan analisis cluster dengan metode hierarki adalah sebesar 80 8%. Hal ini berarti 80 8% dari 26 data yang diolah telah dimasukkan pada kelompok yang sesuai dengan data semula.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17448 |
Actions (login required)
View Item |