Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi barisan dan deret untuk kelas X SMK / Lucky Kusumawardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi barisan dan deret untuk kelas X SMK / Lucky Kusumawardhani

Kusumawardhani, Lucky (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi barisan dan deret untuk kelas X SMK / Lucky Kusumawardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawardhani Lucky. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Barisan dan Deret untuk Kelas X SMK. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdul Qohar M.T Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) penemuan terbimbing barisan dan deret Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi barisan dan deret untuk kelas X SMK. Materi barisan dan deret memerlukan pemahaman konsep yang baik sedangkan LKS sebelumnya belum dapat memahamkan siswa tentang konsep barisan dan deret. LKS tersebut berisi rumus-rumus yang siap diaplikasikan untuk menyelesaikan soal sedangkan siswa tidak mengetahui bagaimana rumus-rumus tersebut diperoleh. Solusi dari fakta di lapangan ini adalah dikembangkannya LKS dengan metode penemuan terbimbing dengan 4 fase yaitu fase pendahuluan fase terbuka fase konvergen dan fase penutup. Metode penemuan terbimbing membantu siswa menemukan konsep suatu materi secara mandiri dengan bimbingan guru. Pengembangan yang dilakukan untuk menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing adalah pengembangan model PLOMP dengan 4 fase yaitu 1) fase investigasi awal 2) fase desain 3) fase realisasi dan 4) fase tes evaluasi dan revisi. Pada fase investigasi awal peneliti menemukan kelemahan LKS barisan dan deret yang pernah digunakan di sekolah kondisi siswa dalam belajar pengkajian materi serta metode pembelajaran. Pada fase desain peneliti menghasilkan rumusan tujuan dan susunan materi pada LKS susunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) rancangan format dan isi LKS dan rancangan lembar validasi. Pada fase realisasi peneliti menghasilkan susunan instruksi pada LKS dan sajian LKS. Pada fase tes evaluasi dan revisi diperoleh hasil uji kevalidan dari dua validator terhadap LKS RPP angket respon siswa dan soal uji pemahaman pada LKS. LKS yang telah dikembangkan telah dinyatakan valid berdasarkan uji kevalidan oleh dua validator. LKS ini dinyatakan praktis karena telah diujicobakan pada uji lapangan 1 (6 siswa) dan uji lapangan 2 (seluruh siswa dalam kelas) serta berdasarkan kriteria kepraktisan yang diperoleh dari perhitungan hasil angket respon siswa dan dinyatakan efektif karena telah diujicobakan dan hasil pekerjaan siswa pada soal uji pemahaman di LKS memenuhi kriteria ketuntasan belajar dimana lebih dari 80% dari keseluruhan siswa memperoleh nilai minimal 75. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17445

Actions (login required)

View Item View Item