Penerapan pembelajaran dengan penemuan terbimbing berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa SMP kelas VII / Egis Fernanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan penemuan terbimbing berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa SMP kelas VII / Egis Fernanda

Fernanda, Egis (2016) Penerapan pembelajaran dengan penemuan terbimbing berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa SMP kelas VII / Egis Fernanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fernanda Egis 2016.PenerapanPembelajaranDenganPenemuanTerbimbingBerbantuan Media ManipulatifUntukMeningkatkanPemahamanMatematikaSiswa SMP KelasVII .Skripsi Program StudiPendidikanMatematika FMIPA UniversitasNegeri Malang Pembimbing Prof. Drs. GatotMuhsetyo M.Sc. Kata Kunci media manipulatif pemahamanmatematika penemuanterbimbing Tujuanpenelitianiniadalahmemperbaikicaramengajaruntukmeningkatkanpemahamanmatematikasiswatentangmateritransformasimelaluimetodepenemuanterbimbingberbantuanmedia manipulatif. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasdenganduasiklus sikluspertamaterdiridariempatpertemuandansikluskeduaterdiridariduapertemuan. Subyekpenelitianadalahseluruhsiswakelas VII C SMPNegeri 13 Malang sebanyak 34 orang 17 laki-lakidan 17perempuan. Pemilihansubyekpenelitiandidasarkanpadaobservasiawal yang dilakukanpenelitikepadasiswakelas VII C SMPNegeri 13 Malang diketahuibahwabeberapasiswamasihseringmelakukankesalahandalampenulisanataupenyajianhimpunandanmenggambar diagram Venn.Terdapat 61 76 % darijumlahsiswakelas VII C yang masihseringmelakukankesalahanbaikkesalahandalamhalpenulisanataupenyajianhimpunandanmenggambar diagram Venn. PenelitiandilakukanpadabulanFebruari-Maret 2015.Kegiatanpembelajaran yang dilakukanolehsiswameliputi kegiatanpenemuanpada LKS dengandiskusikelompok penggunaan media manipulatifgunamembantu proses penemuan presentasihasilkegiatan danpengerjaantes. Data diperolehdarinilaihasiltesakhirsiklus pengkajianhasiltes hasilobservasiaktivitas guru dansiswadancatatanlapangan.Kriteriakeberhasilanpenelitianiniadalahjikapersentasesiswa yangpahamdanmampumenyelesaikanpermasalahanpadasetiapnomorsoaltesmencapai 75% persentasejumlahsiswa yang tuntasdalampembelajaran minimal 80% darijumlahsiswasatukelasdengankriteriaketuntasanbelajarnilaites 75 danhasilobservasiaktivitas guru dansiswa minimal 75%. Hasilpenelitianpadasiklus I diperoleh rata-rata persentasesebesar 76 84% darijumlahsiswa yangpahamdanmampumenyelesaikanpermasalahanpadasetiapnomorsoaltes danpersentase rata-rata aktivitassiswasiklus I adalah 89 33%danaktivitas guru sebesar 89 96%. Padasiklus IIdiperoleh rata-rata persentasesebesar 83 82% darijumlahsiswa yangpahamdanmampumenyelesaikanpermasalahanpadasetiapnomorsoaltes danpersentase rata-rata aktivitassiswasiklus IIadalah 91 5% danaktivitas guru sebesar93 13%. Hasilobservasiaktivitas guru dansiswaselamapembelajaransiklus II termasukdalamkategori SangatBaik . Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan penerapanpembelajarandenganpenemuanterbimbingberbantuan media manipulatifmeningkatkanpemahamanmatematikasiswakelas VII C SMP Negeri 13 Malang padamateritransformasi .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17444

Actions (login required)

View Item View Item