Hidayati, Nurul (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan learning cycle 5E pada materi trigonometri untuk siswa kelas X / Nurul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hidayati Nurul. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Learning Cycle 5E pada Materi Trigonometri untuk Siswa Kelas X. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran learning cycle 5E trigonometri Guru sebagai tenaga pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam melaksanakan pembelajaran yang baik. Salah satunya menyiapkan perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kegiatan Siswa yang dapat menjawab tuntutan tersebut. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti perangkat yang beredar kurang memberikan ruang kepada peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga perlu dilakukan perbaikan. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk mendorong siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran adalah learning cycle 5E. Perangkat pembelajaran menggunakan learning cycle 5E yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang memuat aktivitas-aktivitas pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dipadukan dengan learning cycle 5E. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah membuat perangkat pembelajaran menggunakan learning cycle 5E pada materi trigonometri yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp dengan fase penelitian terdiri atas (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi (4) fase tes evaluasi dan revisi serta (5) fase implementasi. Namun hanya fase 1 4 saja yang digunakan dalam penelitian ini. Uji kevalidan dilakukan oleh validator ahli dan validator praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan menerapkan produk pada 27 siswa kelas X sebagai subjek uji coba yang diamati oleh dua orang observer. Hasil analisis data menunjukan bahwa skor validasi RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 28 dan 3 24 (skala 4). Hal ini berarti perangkat pembelajaran valid. Berdasarkan hasil uji coba perangat pembelajaran praktis digunakan dengan skor kepraktisan untuk aktivitas guru 3 69 dan angket respon siswa 3 48 (skala 4). Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif dengan 81 48% siswa mendapatkan nilai akhir lebih besar atau sama dengan 75 (skala 100) dan 3 60 (skala 4) untuk aktivitas siswa. Meskipun demikian revisi tetap dilakukan berdasarkan komentar dan saran demi penyempurnaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17443 |
Actions (login required)
View Item |