Rachmawati, Indah (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan model kooperatif jigsaw pada pokok bahasan segiempat untuk siswa kelas 7 SMP / Indah Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rachmawati Indah. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Kooperatif Jigsaw pada Pokok Bahasan Segiempat untuk Siswa Kelas 7 SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. M. Shohibul Kahfi M.Pd. Kata Kunci perangkat pembelajaran pendekatan saintifik model kooperatif jigsaw segiempat Guru sebagai pengampu pendidikan bertanggungjawab untuk merancang proses pembelajaran yang baik. Salah satu yang dapat dilakukan guru adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh pengembang diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang beredar perlu perbaikan. Salah satu contohnya adalah terdapat guru yang tidak dapat merumuskan indikator pembelajaran. Selain itu kondisi buku peserta didik khususnya pada submateri mengidentifikasi sifat segiempat kurang memberikan ruang peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh kurangnya pemahaman peserta didik tentang hubungan antar bangun segiempat. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembejaran berbasis pendekatan saintifik dengan model kooperatif jigsaw pada pokok bahasan segiempat yang valid praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Plompt. Model ini terdiri dari lima tahap yaitu (1) investigasi awal (2) desain (3) realisasi/ konstruksi (4) tes evaluasi dan revisi (5) implementasi. Namun tahap implementasi tidak dilakukan pada penelitian pengembangan ini karena keterbatasan biaya dan waktu penelitian. Uji kevalidan dilakukan dengan pengisian angket validasi RPP dan LKS oleh dua validator yaitu seorang dosen matematika dengan pendidikan terakhir S2 dan seorang guru matematika dengan pendidikan terakhir S1 dan berpengalaman selama lebih 5 tahun mengajar. Uji kepraktisan dilakukan dengan pengisian lembar keterlaksanaan perangkat pembelajaran oleh seorang guru dan seorang mahasiswa. Uji keefektifan dilakukan dengan penilaian hasil belajar kelompok dan pemberian kuis oleh 30 peserta didik kelas VII-G SMP Negeri 4 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |