Implementasi nilai karakter disiplin pada peserta ekstrakurikuler komputer di SDK Santa Maria 1 Malang / Crisya Bekti Allath - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai karakter disiplin pada peserta ekstrakurikuler komputer di SDK Santa Maria 1 Malang / Crisya Bekti Allath

Allath, Crisya Bekti Allath (2020) Implementasi nilai karakter disiplin pada peserta ekstrakurikuler komputer di SDK Santa Maria 1 Malang / Crisya Bekti Allath. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai karakter disiplin pada peserta ekstrakurikuler komputer di SDK Santa Maria 1 Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara kepada koordinator ekstrakurikuler pembina pendamping dan peserta didik itu sendiri. Sumber data sekunder didapat melalui studi dokumen seperti daftar hadir peserta didik daftar nilai peserta didik dan dokumentasi kegiatan. Hasil pengumpulan data dianalisis dengan reduksi data penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan empat standar yaitu kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik transferabilitas dependabilitas serta konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai karakter disiplin dapat dilaksanakan melalui dua indikator yaitu disiplin terhadap waktu dan disiplin terhadap tata tertib. Pertama penanaman nilai disiplin terhadap waktu dapat diupayakan dengan meningkatkan keaktifan peserta didik untuk selalu hadir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan berusaha memulai dan mengakhiri kegiatan dengan tepat waktu dan membantu seluruh peserta didik agar dapat menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu sehingga tidak ada yang tertinggal dan dapat memahami materi dengan baik. Kedua disiplin terhadap tata tertib dapat diterapkan melalui kebiasaan berpakaian yang sopan dan rapi menjaga sikap atau tingkah laku yang baik serta menjaga sarana prasarana yang ada di ruang laboratorium komputer. Seluruh upaya tersebut dapat dilakukan melalui kerjasama pembina pendamping dan peserta didik itu sendiri dalam mengamalkan nilai-nilai disiplin secara sadar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut lembaga penyelenggara disarankan untuk memiliki daftar peraturan atau tata tertib bagi peserta pembina dan tenaga pendidik lainnya sehingga apabila ada pelanggaran terdapat sanksi tegas yang sudah disetujui bersama. Selain itu perlu adanya rapat yang mempertemukan antara lembaga pembina dan wali peserta ekstrakurikuler untuk sepaham dan satu visi dalam mendukung peserta didik yang memiliki kemampuan dan berkarakter. Pembina perlu mengenal peserta secara mendalam karakteristik peserta didik dan meningkatkan teknik menerapkan nilai karakter. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melengkapi aspek-aspek yang belum diteliti dengan tekun dan semangat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/174349

Actions (login required)

View Item View Item