Hubungan pelayanan proses pembelajaran dengan tingkat kepuasan belajar warga belajar program pendidikan kesetaraan di PKBM Zamzam Malang / Andini Prima Nur'aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pelayanan proses pembelajaran dengan tingkat kepuasan belajar warga belajar program pendidikan kesetaraan di PKBM Zamzam Malang / Andini Prima Nur'aini

Nur'aini, Andini Prima (2020) Hubungan pelayanan proses pembelajaran dengan tingkat kepuasan belajar warga belajar program pendidikan kesetaraan di PKBM Zamzam Malang / Andini Prima Nur'aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nur aini Andini Prima. 2020. Hubungan Pelayanan Proses Pembelajaran Dengan Tingkat Kepuasan Belajar Warga Belajar Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM ZamZam Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Sri Redjeki M.S (II) R. Anggia Listyaningrum S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pelayanan proses pembelajaran kepuasan belajar pendidikan kesetaraan. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ZamZam adalah salah satu Lembaga Pendidikan Nonformal yang termasuk salah satu PKBM unggulan di Kota Malang. PKBM ZamZam memiliki beberapa program pendidikan nonformal salah satunya adalah pendidikan kesetaraan mulai dari paket A setara dengan SD paket B setara dengan SMP dan paket C setara dengan SMA. PKBM ZamZam termasuk PKBM yang memiliki pelayanan yang cukup baik tetapi kehadiran warga belajar selama proses belajar pembelajaran tidak lebih dari 30% dari jumlah seluruh populasi warga belajar yang hadir dalam kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelayanan proses pembelajaran dengan kepuasan belajar warga belajar Pendidikan kesetaraan di PKBM ZamZam Malang dilihat dari tingkat kehadiran warga belajar di pembelajaran tatap muka yang sudah dijadwalkan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Pengumpulan data menggunakan angket yang dianalisis dengan teknik rank spearman karena data pada dua variabel penelitian berskala ordinal. Penelitian dilaksanakan di Malang dengan populasi sebanyak 92 warga belajar dipilih secara proportional cluster random sampling sebanyak 75 sampel/responden. Hasil penelitian dari beberapa uji asumsi klasik menggunakan SPSS 16.0 yang mendapatkan hasil interprestasi skor sebesar 76% yang termasuk kategori baik kemudian dalam pelayanan proses pembelajara memiliki hasil interprestasi skor sebesar 76% dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pelayanan proses pembelajaran terhadap tingkat kepuasan belajar warga belajar program pendidikan kesetaraan di PKBM ZamZam Malang. Saran untuk PKBM ZamZam adalah terus menginovasi pelayanan dalam proses pembelajaran serta lebih memperhatikan secara individu dari setiap kebutuhan warga belajar tentang kepuasan dan saran pelayanan yang dibutuhkan warga belajar dalam kegiatan belajar pembelajaran dan saran untuk lembaga pendidikan nonformal sejenis dapat melihat pelayanan yang ada di PKBM ZamZam selain proses pembelajaran yang memiliki hubungan terhadap tingkat kepuasan warga belajar dalam proses belajar dan pembelajaran di PKBM ZamZam Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/174344

Actions (login required)

View Item View Item