Penggunaan analisis CHAID untuk segmentasi pelanggan kredit motor (studi kasus di PT. FIF Cabang Kepanjen) / Moch. Raharjo Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan analisis CHAID untuk segmentasi pelanggan kredit motor (studi kasus di PT. FIF Cabang Kepanjen) / Moch. Raharjo Wicaksono

Wicaksono, Moch. Raharjo (2016) Penggunaan analisis CHAID untuk segmentasi pelanggan kredit motor (studi kasus di PT. FIF Cabang Kepanjen) / Moch. Raharjo Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono M R . 2015. Penggunaan Analisis CHAID untuk Segmentasi Pelanggan Kredit Motor (Studi Kasus di PT. FIF Cabang Kepanjen). Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abadyo M.Si. Kata Kunci CHAID Kasus kredit macet merupakan masalah klasik pada bidang kredit. Banyak faktor yang dapat menyebabkan suatu kegiatan kredit itu menjadi bermasalah atau kredit macet. Solusi untuk mengurangi banyaknya kredit yang bermasalah pada permasalahan kredit macet ini yaitu diperlukan segmentasi calon kreditur yang tepat mengingat bahwa kreditur merupakan kunci utama dalam kegiatan pengkreditan. Dalam penelitian - penelitian mengenai segmentasi terdapat dua metode pendekatan yaitu metode interdependensi dan dependensi. Salah satu analisa yang cocok untuk meneliti mengenai segmentasi yang menggunakan pendekatan dependensi adalah analisis CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection analysis). Analisa CHAID dapat menghasilkan suatu diagram pohon keputusan yang menyediakan informasi tentang hubungan antara variabel terikat terhadap variabel bebas serta informasi mengenai karakteristik segmen. Analisa CHAID mampu menangani variabel monotomik bebas dan mengambang. Pada kasus kredit macet di PT. FIF Cabang Kepanjen analisis CHAID digunakan untuk menentukan segmentasi pelanggan kredit motor berdasarkan status kredit pelanggan sebagai variabel terikat dan profil pelanggan sebagai variabel bebas. Segmentasi pelanggan dengan analisa CHAID dilakukan untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang memiliki rasio kredit macet yang paling rendah. Berdasarkan hasil analisa CHAID didapatkan tiga segmen yang berbeda. Segmen pelanggan dengan karakteristik status pelanggan baru atau pelanggan baik yang menempati rumah pribadi adalah segmen yang memiliki rasio kredit macet yang paling rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17434

Actions (login required)

View Item View Item