Analisis faktor eksploratori komponen utama penyebab inflasi di Kota Malang / Annisa Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor eksploratori komponen utama penyebab inflasi di Kota Malang / Annisa Larasati

Larasati, Annisa (2016) Analisis faktor eksploratori komponen utama penyebab inflasi di Kota Malang / Annisa Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Larasati Annisa. 2015. Analisis Faktor Eksploratori Komponen Utama Penyebab Inflasi di Kota Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Kata Kunci analisis faktor eksploratori komponen utama inflasi. Inflasi merupakan suatu keadaan dimana terjadi proses kenaikan harga berlangsung terus-menerus dan saling mempengaruhi. Inflasi merupakan suatu fenomena ekonomi yang terjadi di negara-negara berkembang. Inflasi menjadi konsentrasi utama setiap negara dalam pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakatnya karena kestabilan harga menjadi cermin dari kestabilan ekonomi suatu negara dan menimbulkan ketenangan dalam politik dan pemerintahan. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor penyebab inflasi di Kota Malang dengan cara mereduksi variabel-variabel awal menjadi faktor baru. Cara mereduksi variabel-variabel tersebut adalah dengan analisis faktor eksploratori komponen utama. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok bahan makanan (X_1) kelompok makanan jadi minuman rokok dan tembakau (X_2) kelompok perumahan air listrik gas dan bahan bakar (X_3) kelompok sandang (X_4) kelompok kesehatan (X_5) kelompok pendidikan rekreasi dan olahraga (X_6) kelompok transpor komunikasi dan jasa keuangan (X_7) serta laju inflasi bulanan Kota Malang (y). Dari hasil penerapan analisis komponen utama diperoleh sebanyak tiga faktor baru yang terbentuk. Dari tiga faktor baru yang terbentuk dan diregresikan dengan inflasi diperoleh kesimpulan bahwa besar pengaruh yang mampu dijelaskan oleh faktor 1 2 dan 3 terhadap laju inflasi adalah 93 7% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain seperti penambahan pencetakan uang baru kekacauan politik dll.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17431

Actions (login required)

View Item View Item