Implementasi model regresi Com-Poison untuk mengatasi kasus underdispersi pada model regresi Poison (studi kasus data kecelakaan lalu lintas tahun 2014 di Kabupaten Trenggalek) / Eva Puji Astuti

Astuti, Eva Puji (2016) Implementasi model regresi Com-Poison untuk mengatasi kasus underdispersi pada model regresi Poison (studi kasus data kecelakaan lalu lintas tahun 2014 di Kabupaten Trenggalek) / Eva Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti, Eva Puji. 2015. Implementasi Model Regresi COM-Poison untuk Mengatasi Kasus Underdispersi pada Model Regresi Poison (Studi Kasus Data Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2014 di Kabupaten Trenggalek). Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Trianingsih Eni Lestari, S.Si, M.Si. Kata Kunci: Regresi Poison Model, Underdispersi, Regresi Model COM-Poison, Kecelakaan Regresi Poisonmodel merupakan metode dasar yang dapat digunakan untuk memodelkanhubungan antara variabel dependent dan variabel independent Y yang merupakan data cacah yang mengikuti distribusi Poison. Pada regresi Poison mengasumsikan bahwa mean sama dengan varians (equidispersi). Tetapi, pada kenyataannya terdapat data yang tidak memenuhi asumsi tersebut yaitu varian lebih besar dari mean (overdispersi) atau varian lebih kecil dari mean (underdispersi). Oleh karena itu, jika regresi Poison tetap digunakan maka akan terjadiunderestimate ataustandart error menjadi lebih kecil.Pada penelitian sebelumnya kasus overdispersi ditangani dengan menggunakan regresi Binomial Negatif. Sedangkan, kasus underdispersi ditangani dengan regresi Generalized Poison (GP), tetapi hanya mampu menangani kasus dispersi pada selang (0.75,1). Oleh karena itu, muncullah model regresi COM-Poison yang mampu menangani kasus overdispersi atau underdispersi dengan tingkat dispersi yang lebih luas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengimplementasi model regresi COM-Poison untuk mengatasi kasus underdispersi pada model regresi Poison. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data kecelakaan tahun 2014 di Kabupaten Trenggalek.Pada penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa model regresi COM-Poison yang dapat digunakan untuk memodelkan data kecelakaan di Kabupaten Trenggalek adalah 〖log⁡(〗⁡〖λ)〗=5.5395+0.000935(x_1 )-0.00020(x_2 )dan log⁡〖(v)=〗 0.9243⟺v=2.5. Dengan persamaan penduga untuk nilai Y adalah y ̂|x=(exp⁡(5.5395+0.000935(x_1 )-0.00020(x_2 ) ) )^0.4-0.3. Model regresi COM-Poison tersebut memberikan kontribusi atau pengaruh terhadap kejadian kecelakaan di Kabupaten Trenggalek sebesar 80.08%. Sedangkan untuk 19.92% faktor penyebab terjadinya kecelakaan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dalam model regresi COM-Poison tersebut faktor bus memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan faktor pelanggaran terhadap kejadian kecelakaan di Kabupaten Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17427

Actions (login required)

View Item View Item