Identifikasi model antrian pelanggan pada loket layanan di Samsung Custamer Servuce Center Malang / Conita Maulida - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi model antrian pelanggan pada loket layanan di Samsung Custamer Servuce Center Malang / Conita Maulida

Maulida, Conita (2016) Identifikasi model antrian pelanggan pada loket layanan di Samsung Custamer Servuce Center Malang / Conita Maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulida Conita. 2015. Identifikasi Model Antrian Pelanggan pada Loket Layanan di Samsung Customer Service Center Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Susiswo M.Si. Kata kunci antrian pelanggan loket layanan model multi channel-multi phase. Pelayanan merupakan hal yang harus diperhatikan karena pelayanan mempengaruhi kenyamanan para pelanggan. Masalah antrian merupakan salah satu hal yang seringkali menjadi keluhan. Antrian yang terlalu panjang dan lama dapat mengakibatkan pelanggan meninggalkan tempat karena dianggap tidak efisien waktu. Salah satu permasalahan antrian yaitu antrian yang berada pada loket layanan di Samsung Customer Service Center Malang. Salah satu sistem pelayanannya dilakukan dengan berbagai macam tahap untuk pelanggan yang akan melakukan servis maka akan melewati 2 tahap yaitu melakukan registrasi di loket Customer Service yang telah disediakan lalu menunggu dipanggil oleh teknisi dan akan dilayani pada loket Technician. Banyaknya pelanggan yang akan melakukan servis mengakibatkan terjadinya antrian. Peningkatan antrian ini biasanya terjadi mendekati akhir pekan di jam sebelum dan sesudah jam sibuk yang telah diinformasikan pada papan pengumuman bagian depan tempat tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model antrian dari sistem pelayanan pada antrian pelanggandan mengetahui tingkat kegunaan atau utilitas pada loket layanan di Samsung Customer Service Malang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari pengamatan langsung pada loket layanan di Samsung Customer Service Malang dengan mengamati para pelanggan yang datang dan lama waktu pelayanan yang terjadi pada tahap 1 dan tahap 2. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan model antrian dari sistem pelayanan di loket layanan SamsungCustomer Service Center Malang pada tahap 1 yaitu (G/G/2) (FCFS/ 8734 / 8734 ) sedangkan pada tahap 2 yaitu (G/G/5) (SIRO/ 8734 / 8734 ). Pada tahap 1 diperoleh tingkat kegunaan fasilitas pelayanan atau nilai utilitas ( 961 ) yang terbesar yaitu pada tanggal 19 September 2015 sebesar 35 878 % sedangkan pada tahap 2 diperoleh tingkat kegunaan fasilitas pelayanan atau nilai utilitas ( 961 ) yang terbesar yaitu pada tanggal 16 September 2015 sebesar 86 67% . Loket Customer Service tidak terlalu sibuk melayani pelanggan hal ini dikarenakan pada saat pelanggan mengambil nomor antrian pelanggan bisa langsung dilayani oleh petugas Customer Service sedangkan pada loket Technician sibuk melayani pelanggan. Hal ini dipengaruhi laju kedatangan pelanggan yang datang dari tahap 1 terlalu cepat kurangnya jumlah petugas teknisi serta waktu pengecekan dan estimasi kerusakan barang yang dimiliki pelanggan berbeda-beda tergantung dari masalah yang dialami barang tersebut. Jadi sistem pelayanan pada loket layanan di Samsung Customer Service Center lebih sibuk melayani pada tahap 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17426

Actions (login required)

View Item View Item