Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis kurikulum 2013 menggunakan pendekatan CTL pada materi peluang untuk kelas VII SMP / Indah Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis kurikulum 2013 menggunakan pendekatan CTL pada materi peluang untuk kelas VII SMP / Indah Lestari

Lestari, Indah (2015) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis kurikulum 2013 menggunakan pendekatan CTL pada materi peluang untuk kelas VII SMP / Indah Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Indah. 2015. Pengembangan LembarKerjaSiswa (LKS) Matematika BerbasisKurikulum 2013 MenggunakanPendekatan CTL padaMateriPeluanguntukKelas VII SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. ErryHidayanto M.Si. Kata Kunci Pengembangan LembarKerjaSiswa (LKS) Kurikulum 2013 Pendekatan CTL Peluang. Pemahaman konsep yang baik pendekatan pembelajaran yang sesuai dan bahan ajar yang memadai sangat dibutuhkan dalam mempelajari materi matematika yang bersifat abstrak dan memerlukan prasyarat pemahaman konsep sebelumnya untuk memahami konsep yang baru (Wahyuni 2012 1). Berdasarkan hal tersebut maka perlu dikembangkanbahan ajar menggunakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi dengan situasi nyata peserta didik sehingga materi matematika tidak terlihat abstrak (Mulyasa 2014 110). Selain itu bahan ajar yang dikembangkan harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum 2013. Kurikulum ini bertujuan untuk menghasilkan insan Indonesia yang produktif kreatif inovatif afektif melalui penguatan sikap keterampilan dan pengetahuanyang terintegrasi (Mulyasa 2014 99). Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar menggunakan pendekatan CTL pada materi peluang yang berbasis pada kurikulum 2013 yang valid praktis dan efektif. Bahan ajar yang dikembangkanberbentuklembarkerjasiswa (LKS).Model pengembanganbahan ajar padapenelitianinimengacupada model 4-D yang dikembangkanolehThiagarajan Semmel dan Semmel (dalam Hobri 2010 12-15)yangtelahdimodifikasi. Modifikasi yang dilakukanadalahsebagaiberikut penyederhanaan model yang sebelumnyaterdapatempattahapmenjaditigatahapansajayaitupendefinisian (define) perancangan (design) danpengembangan (develop) halinidilakukankarenapenelitian hanya dilakukan pada satu sekolah saja. Berdasarkan uji kevalidan dan uji coba kelompok kecilyang telah diuraikan pada bab IV didapat hasil sebeagai berikut dengan skala 1-4 dari validasi RPP mendapatskorvaliditasyaitu 3 36 dengankriteria valid dandarivalidasi LKS mendapatskorvaliditasyaitu 3 38 dengankriteria valid. Berdasarkan data hasilujicobakelompokkecilterhadaptujuh orang siswakelas VII SMPN 1 Singosari diperolehhasilpenilaianresponsiswasebesar 3 72sehingga LKS dapatdinyatakanpraktis. Tingkat penguasaansiswa yang diperolehdaripengerjaanlatihanadalah 86 4 sehingga LKS dapatdinyatakanefektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17422

Actions (login required)

View Item View Item