Pengembangan game awan bilangan sebagai sarana latihan operasi aritmatika sekolah dasar / Larasati Eka Devi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game awan bilangan sebagai sarana latihan operasi aritmatika sekolah dasar / Larasati Eka Devi

Devi, Larasati Eka (2015) Pengembangan game awan bilangan sebagai sarana latihan operasi aritmatika sekolah dasar / Larasati Eka Devi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Devi Larasati Eka. 2015. Pengembangan Game Awan Bilangan Sebagai Sarana Latihan Operasi Aritmatika Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Program S1 Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lucky Tri Oktoviana S.Si M.Kom. Kata Kunci Aritmatika Sekolah Dasar Android Adobe Flash Professional CS 6 ActionScript 3.0 Latihan Aritmatika didefinisikan sebagai pengkajian bilangan bulat positif dengan operasi penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian serta pemakaian hasilnya dalam kehidupan sehari-hari (Kerami dkk 1999 14). Pada tahun-tahun permulaan Sekolah Dasar siswa belajar dengan senang dan gembira. Di kelas akhir Sekolah Dasar kebanyakan siswa mulai tidak menyenangi berhitung. Agar pengajaran matematika hidup dan menarik selain dari kemampuan guru mengajar yang harus baik juga harus membawa siswa Sekolah Dasar ke alamnya yaitu anak-anak yang masih senang bermain. Berdasarkan hal ini di mana siswa masih senang bermain alangkah baiknya jika memanfaatkan teknologi informasi untuk menarik minat siswa agar menyenangi matematika berupa game (Ruseffendi 1988 85). Game Awan Bilangan adalah game bertemakan matematika di mana pada game ini dibahas operasi aritmatika. Operasi aritmatika yang dibahas dalam game ini adalah penjumlahan pengurangan perkali an dan pembagian bilangan bulat. Animasi pada Awan Bilangan berupa petir yang menyambar dan bilangan bulat yang bergerak dari kanan ke kiri mengarah pada burung. Pada game ini disajikan persoalan dalam dua level yaitu level mudah dan susah. Pada level mudah soal-soal operasi aritmatika dibatasi pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jika burung menabrak jawaban benar maka akan diberi tambahan nilai lima tetapi jika burung menabrak jawaban salah maka nilai akan dikurangi tiga. Sedangkan pada level susah disajikan semua operasi aritmatika yaitu penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian. Jika burung menabrak jawaban benar maka akan diberi tambahan nilai sepuluh tetapi jika burung menabrak jawaban salah maka nilai akan dikurangi lima. Disini pengguna akan diberi kesempatan menjawab salah kesempatan menjawab salah pada game ini disebut nyawa. Diketahui bahwa dalam game ini terdapat dua level untuk level mudah disediakan lima nyawa dan jika menjawab salah maka nyawa akan dikurangi satu. Sedangkan untuk level susah disediakan delapan nyawa dan jika menjawab salah maka nyawa juga akan dikurangi satu. Akan tetapi jika nyawa dari burung bernilai kurang dari atau sama dengan nol maka permainan selesai. Selain itu jika burung tersambar petir maka permainan juga selesai. Saat telah berada diakhir game pengguna memperoleh nilai akhir. Nilai akhir kemudian dimasukkan ke database. Sepuluh nilai tertinggi yang terdapat dalam database akan disajikan pada daftar nilai. Selain daftar nilai pada akhir game Awan Bilangan juga terdapat pembahasan singkat mengenai materi yang bersangkutan pada masing-masing level. Game Awan Bilangan dibangun menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 dengan memanfaatkan bahasa pemrograman ActionScript 3.0. Hasil dari pembangunan game ini adalah file dengan ekstensi .apk yang dapat dijalankan pada smartphone yang menggunakan operating system Android 4.0 ke atas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17413

Actions (login required)

View Item View Item