Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk pembelajaran yang bercirikan hands-on mathematics materi kubus dan balok pada MTs Muhammadiyah 2 kelas VIII / Grandiest Katrina Viola Kusuma Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk pembelajaran yang bercirikan hands-on mathematics materi kubus dan balok pada MTs Muhammadiyah 2 kelas VIII / Grandiest Katrina Viola Kusuma Dewi

Dewi, Grandiest Katrina Viola Kusuma (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk pembelajaran yang bercirikan hands-on mathematics materi kubus dan balok pada MTs Muhammadiyah 2 kelas VIII / Grandiest Katrina Viola Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Grandiest Katrina Viola Kusuma. 2015. PengembanganLembarKegiatanSiswa (LKS) untukPembelajaran yang Bercirikan Hands-on Mathematics MateriKubusdanBalokpada MTsMuhammadiyah 2Kelas VIII.Skripsi JurusanPendidikanMatematka FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing AningWidaYanti S.Si M.Pd. Kata Kunci Hands-on Mathematics KubusdanBalok LembarKegiatanSiswa Media manipulatif. Tujuandaripengembanganiniadalahmengembangkanlembarkegiatansiswa yang dapatmemberikankesempatansiswauntukmembangunkonsepdenganbercirikanhands-on mathematicspadamaterikubusdanbalok yang valid danpraktis. Pengembanganlembarkegiatansiswadikarenahasilobservasidanwawancaradengandua orang guru dansepuluhsiswadi MTs Muhammadiyah 2 Malangpadatanggal 18 Desember 2014 banyaksiswakelas VIII lupasaatditanyaunsur-unsur asalrumus volume danluaspermukaandarikubusdanbalok. Hal tersebutterjadikarenasiswahanyamenghafalrumusdarikubusdanbaloktanpamengetahuidarimanaasalnya. LembarKegiatanSiswa yang digunakanbelummampumemberikesempatansiswauntukmembangunkonsep. Hands-on mathematics adalahkegiatanpembelajaranmatematika yang memberikanpemahamankonsepkepadasiswadimanasiswasendirimengkonstruksipemikiranmatematisnya yang dibangunmelaluipenggunaan mediamanipulatif yang digunakanpadatahapeksplorasi. Adapunsintaksdari model hands-on mathematics iniadalah (1)tahapaneksplorasi (2)tahappengenalankonsepdan (3) tahappendalamankonsep.Pengkonstruksianinidirancangsecarasistematisoleh guru dandilaksanakanlangsungolehsiswasendiridandaripengalamanhasilperagaanmakatujuan yang diinginkantercapai.(Tawil 2009) Pengembanganlembarkegiatansiswamaterikubusdanbalokbercirikanhands-onmathematicsinidikembangkandenganmengadaptasi model Plomp. Dalammengembangkan media pembelajaranterdirimenjadi lima tahapyaitu (1) tahapinvestigasiawal (2) tahapdesain (3) tahaprealisasi/konstruksi (4) tahaptes evaluasi danrevisi. Sedangkan Lembarkegiatansiswa yang dikembangkanadalahlembarkegiatansiswa yang carapenyajianmaterinyamenggunakantahapanhands-onmathematics. Berdasarkanhasilvalidasidariseorangdosendan guru matematika LKS yang dikembangkandikatakan valid denganpersentase 80 2%. Sementaraituberdasarkanhasilujicobapada 6 siswadapatdisimpulkanbahwa LKS yang dikembangkandikatakanpraktisdenganpersentase 85 2%. Hasilpengembanganlembarkegiatansiswainidiharapkandapatditerapkanpada proses belajarmengajarsiswakelas VIII secaraluas tidakhanyaterbataspadakelompokkecil. Pengembanganlembarkegiatansiswayang bercirikanhands-onmathematicsinihanyaterbataspadamaterikubusdanbalok sehinggadiharapkanadanyapengembanganlembarkegiatansiswayang bercirikanhands-onmathematicsuntukmateri yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17408

Actions (login required)

View Item View Item