Dewi, Grandiest Katrina Viola Kusuma (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk pembelajaran yang bercirikan hands-on mathematics materi kubus dan balok pada MTs Muhammadiyah 2 kelas VIII / Grandiest Katrina Viola Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Grandiest Katrina Viola Kusuma. 2015. PengembanganLembarKegiatanSiswa (LKS) untukPembelajaran yang Bercirikan Hands-on Mathematics MateriKubusdanBalokpada MTsMuhammadiyah 2Kelas VIII.Skripsi JurusanPendidikanMatematka FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing AningWidaYanti S.Si M.Pd. Kata Kunci Hands-on Mathematics KubusdanBalok LembarKegiatanSiswa Media manipulatif. Tujuandaripengembanganiniadalahmengembangkanlembarkegiatansiswa yang dapatmemberikankesempatansiswauntukmembangunkonsepdenganbercirikanhands-on mathematicspadamaterikubusdanbalok yang valid danpraktis. Pengembanganlembarkegiatansiswadikarenahasilobservasidanwawancaradengandua orang guru dansepuluhsiswadi MTs Muhammadiyah 2 Malangpadatanggal 18 Desember 2014 banyaksiswakelas VIII lupasaatditanyaunsur-unsur asalrumus volume danluaspermukaandarikubusdanbalok. Hal tersebutterjadikarenasiswahanyamenghafalrumusdarikubusdanbaloktanpamengetahuidarimanaasalnya. LembarKegiatanSiswa yang digunakanbelummampumemberikesempatansiswauntukmembangunkonsep. Hands-on mathematics adalahkegiatanpembelajaranmatematika yang memberikanpemahamankonsepkepadasiswadimanasiswasendirimengkonstruksipemikiranmatematisnya yang dibangunmelaluipenggunaan mediamanipulatif yang digunakanpadatahapeksplorasi. Adapunsintaksdari model hands-on mathematics iniadalah (1)tahapaneksplorasi (2)tahappengenalankonsepdan (3) tahappendalamankonsep.Pengkonstruksianinidirancangsecarasistematisoleh guru dandilaksanakanlangsungolehsiswasendiridandaripengalamanhasilperagaanmakatujuan yang diinginkantercapai.(Tawil 2009) Pengembanganlembarkegiatansiswamaterikubusdanbalokbercirikanhands-onmathematicsinidikembangkandenganmengadaptasi model Plomp. Dalammengembangkan media pembelajaranterdirimenjadi lima tahapyaitu (1) tahapinvestigasiawal (2) tahapdesain (3) tahaprealisasi/konstruksi (4) tahaptes evaluasi danrevisi. Sedangkan Lembarkegiatansiswa yang dikembangkanadalahlembarkegiatansiswa yang carapenyajianmaterinyamenggunakantahapanhands-onmathematics. Berdasarkanhasilvalidasidariseorangdosendan guru matematika LKS yang dikembangkandikatakan valid denganpersentase 80 2%. Sementaraituberdasarkanhasilujicobapada 6 siswadapatdisimpulkanbahwa LKS yang dikembangkandikatakanpraktisdenganpersentase 85 2%. Hasilpengembanganlembarkegiatansiswainidiharapkandapatditerapkanpada proses belajarmengajarsiswakelas VIII secaraluas tidakhanyaterbataspadakelompokkecil. Pengembanganlembarkegiatansiswayang bercirikanhands-onmathematicsinihanyaterbataspadamaterikubusdanbalok sehinggadiharapkanadanyapengembanganlembarkegiatansiswayang bercirikanhands-onmathematicsuntukmateri yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17408 |
Actions (login required)
View Item |