Pengaruh posisi tempat duduk model tradisional dan huruf u terhadap hasil belajar matematika peserta didik di sekolah lanjutan tingkat atas kabupaten lumajang / YOLANDA DWIPRASTICA SUNDAWA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh posisi tempat duduk model tradisional dan huruf u terhadap hasil belajar matematika peserta didik di sekolah lanjutan tingkat atas kabupaten lumajang / YOLANDA DWIPRASTICA SUNDAWA

Sundawa, Yolanda Dwiprastica Sundawa (2021) Pengaruh posisi tempat duduk model tradisional dan huruf u terhadap hasil belajar matematika peserta didik di sekolah lanjutan tingkat atas kabupaten lumajang / YOLANDA DWIPRASTICA SUNDAWA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar ini merupakan salah satu alat ukur tingkat keberhasilan seorang peserta didik di dalam kegiatan proses belajar mengajar yang diikutinya di sekolah. Prestasi adalah kemampuan nyata yang merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi baik dari dalam maupun dari luar diri individu dalam belajar (Sardiman 2001 46). Menurut Arikunto (2008 05) prestasi belajar dapat ditentukan oleh beberapa faktor dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah antara lain (a) peserta didik sendiri (b) guru dan personal lainnya (c) bahan pengajaran (d) metode mengajar dan sistem evaluasi (e) sarana penunjang dan (f) sistem administrasi. Tujuan penelitian ini antara lain (1) menjelaskan hasil ulangan harian peserta didik yang menempati posisi tempat duduk model tradisional pada pembelajaran di kelas (2) menjelaskan hasil ulangan harian peserta didik yang menempati posisi tempat duduk model huruf U pada pembelajaran di kelas dan (3) menjabarkan pengaruh posisi tempat duduk model tradisional dan huruf U terhadap hasil ulangan harian mata pelajaran Matematika pada peserta didik di sekolah lanjutan tingkat atas kabupaten lumajang. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel secara langsung ke sekolah penelitian. Populasi dalam penelitian ini peserta didik sekolah lanjutan tingkat atas di Kabupaten Lumajang kelas XI. Penentuan sampel dengan teknik probability sampling. Pengambilan data menggunakan angket yang disebar kepada peserta didik dan pengambilan dokumen nilai kepada guru yang bersangkutan. Teknik menganalisis data menggunakan uji regresi sederhana. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji linearitas untuk mengetahui bahwa data berdistribusi normal dan linier. Hasil analisis data diketahui bahwa data hasil belajar peserta didik model tradisional dan huruf U setelah dihitung menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) for windows version 16 mendapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh antara posisi tempat duduk dengan nilai ulangan harian peserta didik. Dibuktikan kembali dengan data asli perbandingan antara peserta didik yang duduk pada model tradisional mendapatkan rata-rata nilai ulangan harian sebesar 76 57 sedangkan pada peserta didik yang menempati posisi huruf U lebih unggul dengan nilai rata-rata 78 21. Dengan demikian H0 diterima. Saran penelitian ini (1) bagi Kepala Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Kabupaten Lumajang diharapkan mampu menciptakan hubungan positif dengan guru dan giat melakukan supervisi ke dalam kelas (2) bagi guru Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Kabupaten Lumajang diharapkan dapat melakukan pengelolaan kelas sesuai dengan kebutuhan dan memantau nilai peserta didik secara berkala (3) bagi peserta didik di sekolah penelitian diharapkan selalu berkonsentrasi dan berani memberikan masukan kepada guru kelas jika merasa kurang nyaman dengan kondisi lingkungan kelas (4) bagi mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan agar dapat menciptakan sebuah inovasi manajemen kelas yang baru dan ideal untuk peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar dan (5) bagi peneliti lain yang memiliki fokus penelitian yang sama diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian serta menambah variabel ataupun pengambilan sampel yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/174070

Actions (login required)

View Item View Item