Pengaruh pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap motivasi belajar peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Malang / Intan Mu'izzah Riyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap motivasi belajar peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Malang / Intan Mu'izzah Riyanto

Riyanto, Intan Mu'izzah (2020) Pengaruh pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap motivasi belajar peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Malang / Intan Mu'izzah Riyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar sangat penting bagi keberhasilan pembelajaran peserta didik. Agar tercapainya motivasi belajar yang tinggi perlu didukung oleh lingkungan belajar yang kondusif serta aktivitas belajar yang menarik ataupun menyenangkan. Maka dari itu perlu adanya pengelolaan kelas yang mendukung lingkungan belajar menjadi nyaman dan penggunaan media pembelajaran yang kreatif sehingga motivasi belajar peserta didik muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat keefektifan pengelolaan kelas (2) tingkat keefektifan penggunaan media pembelajaran oleh guru (3) tingkat motivasi belajar peserta didik (4) pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar peserta didik (5) pengaruh penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap motivasi belajar peserta didik dan (6) pengaruh pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap motivasi belajar peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Di mana variabel independen yaitu pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran serta variabel dependen yaitu motivasi belajar peserta didik. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik Kelas XI SMA Negeri Kota Malang yang berjumlah 3.568 peserta didik. Oleh karena jumlah populasi terlalu besar maka dilakukan pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 360 responden. Untuk teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang selanjutnya dianalisis menggunakan regresi berganda. Simpulan yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu (1) tingkat keefektifan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru berada pada kategori cukup efektif (2) tingkat keefektifan penggunaan media pembelajaran oleh guru berada pada kategori cukup efektif (3) tingkat motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sedang (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar peserta didik (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap motivasi belajar peserta didik dan (6) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap motivasi belajar peserta didik yang berada pada kategori kuat. Berdasarkan simpulan maka saran yang diberikan yaitu (1) kepada Kepala SMA Negeri Kota Malang agar dapat membina guru untuk lebih meningkatkan keterampilan dalam mengelola kelas dan penggunaan media pembelajaran agar peserta didik termotivasi dalam belajar (2) kepada guru agar memperbaiki pelaksanaan pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran agar lebih memotivasi peserta didik dalam belajar (3) kepada peserta didik agar lebih meningkatkan motivasi dalam belajar untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik (4) kepada Mahasiswa Administrasi Pendidikan agar bisa menjadi ilmu pengetahuan tambahan (5) dan kepada peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian ini dengan variabel yang berbeda atau menggunakan sampel dari sekolah dan jenjang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/174069

Actions (login required)

View Item View Item