Syazwanti, Ita (2020) Manajemen kurikulum berbasis potensi diri di Sekolah Dasar (SD) Alam Ar-rohmah Malang / Ita Syazwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Syazwanti Ita. 2020. Manajemen Kurikulum Berbasis Potensi Diri di Sekolah Dasar (SD) Alam Ar-Rohmah Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd . (II) Dr. H. Sultoni M.Pd Kata Kunci manajemen kurikulum potensi diri Kurikulum sebagai penentu sukses tidaknya suatu proses pendidikan terutama pendidikan pada sekolah dasar dimana selain di bidang akademik perlu kiranya peserta didik meningkatkan potensi dirinya di bidang non-akademik sekolah sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan mengasah dan mengembangkan potensi diri peserta didik melalui program dan kegiatan yang dimiliki sekolah dengan begitu maka dapat menjadikan terciptanya peserta didik yang berkualitas untuk masa depan. Fokus penelitian ini adalah (1) wujud kurikulum berbasis potensi diri di SD Alam Ar-Rohmah Malang (2) perencanaan kurikulum berbasis potensi diri di SD Alam Ar-Rohmah Malang (3) pelaksanaan kurikulum berbasis potensi diri di SD Alam Ar-Rohmah Malang (4) evaluasi kurikulum berbasis potensi diri di SD Alam Ar-Rohmah Malang (5) dampak implementasi kurikulum berbasis potensi diri di SD Alam Ar-Rohmah Malang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dimaksudkan agar data yang didapat mendalam terperinci kredibel dan dapat mengungkap makna-makna yang ada di SD Alam Ar-Rohmah Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dimaksudkan agar dapat memperoleh fakta dan pemahaman yang rinci dari manajemen kurikulum berbasis potensi diri dan didasari bahwa tema yang diteliti adalah suatu hal yang unik. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian dimulai dari pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Tahapan pengecekan keabsahan data penelitian yaitu triangulasi perpanjangan waktu penelitian meningkatkan ketekunan dan kecukupan referensial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Wujud kurikulum berbasis potensi diri sebenarnya adalah kurikulum khas di SD Alam Ar-Rohmah dimana merupakan penunjang dari adanya kurikulum 2013 yang diterapkan bertujuan sebagai sarana untuk melejitkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik terdapat berbagai rangkaian program dan kegiatan di dalamnya antara lain yaitu program ekstrakurikuler student day outing dan outbound. Pihak pengelola dan penanggung jawab adalah bidang kesiswaan (2) Perencanaan kurikulum berbasis potensi diri di SD Alam Ar-Rohmah dimulai dengan rapat internal yang diikuti oleh pihak-pihak terkait seperti Kepala Sekolah bidang kurikulum bidang kesiswaan bidang sarana prasarana admin dan komite membahas rencana program kerja satu tahun kedepan pembiayaan sarana dan prasarana dan pengaturan jadwal pelaksanaan program dan kegiatan tugas bidang kesiswaan selaku penanggung jawab dan pengelola kurikulum berbasis potensi diri adalah membuat angket penjaringan menyebarkan angket merekap hasil angket yang telah diisi oleh wali murid kemudian dilaksanakan perekrutan guru pembina kemudian dilakukan rapat kerja pusat di Yayasan diikuti oleh pimpinan yayasan. Strategi yang dilakukan yaitu kerjasama ide-ide yang kreatif menghargai setiap saran dan masukan memperbaiki kekurangan program tahun lalu. (3) Pelaksanaan kurikulum berbasis potensi diri di SD Alam Ar-Rohmah dibagi menjadi beberapa kegiatan yaitu ekstrakurikuler dilaksanakan satu hingga dua kali dalam sepekan ada ekstrakurikuler wajib dan pilihan penanggung jawab adalah pembina dari masing-masing bidang ekstrakurikuler indikator keberhasilan adalah prestasi yang diperoleh peserta didik. Student Day dilakukan setiap pekan pada hari sabtu dengan berbeda tema setiap minggu penanggung jawab yaitu wali kelas Outing dan Outbound dilaksanakan dua kali dalam satu tahun penanggung jawab adalah wali kelas tempat pelaksanaan di tempat rekreasi tempat outbond edukatif dan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah. (4) Evaluasi kurikulum berbasis potensi diri di SD Alam Ar-Rohmah dimulai dengan monitoring dengan metode observasi dan menggunakan jurnal kegiatan penyampaian kekurangan dan kelebihan atas program yang telah dilaksanakan selanjutnya memperhatikan kendala pada bulan sebelumnya dan terakhir adalah hasil nilai yang telah direkap oleh wali kelas pada rapor peserta didik. (5) Implementasi kurikulum berbasis potensi diri di SD Alam Ar-Rohmah memiliki dampak positif yaitu bagi peserta didik dapat menambah wawasan meningkatan motivasi dan semangat belajar peserta didik mendapatkan pembelajaran yang bermakna menumbuhkan sifat simpati dan empati terhadap diri sendiri orang lain dan lingkungan sekitar peserta didik dapat mengerti kemampuan mereka mengerjakan sesuatu lebih fokus dan bersungguh-sungguh. Bagi orang tua dapat mempererat kerjasama dengan peserta didik dapat mengetahui potensi anak dengan mudah terlibat dan mendukung pelaksanaan program sekolah secara langsung. Bagi sekolah dapat dijadikan sebagai branding atau ajang promosi kepada masyarakat dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang ada di SD Alam Ar-Rohmah. Bagi alumni dapat menjadi bekal pada jenjang sekolah selanjutnya dan juga kehidupan di masa depan. Berdasarkan simpulan terdapat saran ditujukan kepada (1) Kepala SD Alam Ar-Rohmah Malang hendaknya memperhatikan kelengkapan dokumen setiap program dan kegiatan agar memudahkan sekolah ketika proses akreditasi. (2) Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan hendaknya meningkatkan kelengkapan dokumentasi dari setiap program dan kegiatan kurikulum berbasis potensi diri agar mudah dalam mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan pada suatu program dan memudahkan proses evaluasi dan perbaikan untuk tahun selanjutnya. (3) Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum hendaknya selalu bekerja sama dengan pihak kesiswaan dan kepala sekolah bertujuan untuk mensinkronisasikan kegiatan pembelajaran di dalam kelas dengan pembelajaran di luar kelas. (4) Orang tua peserta didik hendaknya selalu memperhatikan perkembangan anak baik di sekolah maupun di rumah dan lebih meningkatkan kerjasama dengan anak dalam mendukung proses pembelajaran. (5) Peserta didik SD Alam Ar-Rohmah sebaiknya selalu memiliki sikap konsisten dan fokus dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kurikulum berbasis potensi diri dan terus semangat dalam meningkatkan potensi yang ada dalam diri peserta didik. (6) Peneliti lain bahwa hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi pemikiran dalam menyusun penelitian yang berkaitan dengan topik manajemen kurikulum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/174067 |
Actions (login required)
View Item |