Hubungan antara kepemimpinan visioner Kepala Sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru SMA Negeri di Kota Kediri /Candra Mey Shanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kepemimpinan visioner Kepala Sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru SMA Negeri di Kota Kediri /Candra Mey Shanti

Shanti, Candra Mey (2020) Hubungan antara kepemimpinan visioner Kepala Sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru SMA Negeri di Kota Kediri /Candra Mey Shanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shanti Candra Mey. 2020. Hubungan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Iklim Oganisasi dengan Kinerja Guru di SMA Negeri Kota Kediri. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd (II) Imam Gunawan S.Pd M.Pd Kata Kunci kepemimpinan visioner iklim organisasi kinerja guru Setiap sekolah memiliki karakteristik kepemimpinan yang berbeda-beda. Sama seperti iklim organisasi yang terdapat di SMA Negeri Kota Kediri iklim organisasi di setiap sekolah juga memiliki kondisi yang berbeda-beda serta kepemimpinan visioner yang berbeda-beda. Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan kepala sekolah fasilitas kerja harapan-harapan kepercayaan personalia sekolah. Iklim organisasi yang kondusif akan memunculkan semangat kerja yang tinggi dan berdampak pada kinerja guru menjadi tinggi. Pentingnya menjaga iklim organisasi karena guru merupakan seorang pendidik yang memiliki tugas utama mengajar mendidik dan membimbing peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui kepemimpinan visioner kepala SMA Negeri di Kota Kediri (b) untuk mengetahui iklim organisasi di SMA Negeri Kota Kediri (c) untuk mengetahui kinerja guru SMA Negeri di Kota Kediri (d) untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri di Kota Kediri (e) untuk mengetahui hubungan iklim organisasi dengan kinerja guru SMA Negeri di Kota Kediri dan (f) untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru SMA Negeri di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif korelasi. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini sebanyak 349 dari 6 SMA Negeri yang terdapat di Kota Kediri. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportional stratified random sampling sehingga diperoleh perhitungan sampel sebanyak 186 dari 6 SMA Negeri di Kota Kediri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tertutup. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan (a) analisis deskriptif (b) uji prasyarat analisis (c) uji korelasi Product Moment Pearson (c) dan analisis korelasi ganda. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa (a) variabel kepemimpinan visioner kepala sekolah di SMA Negeri Kota Kediri berada dalam kategori tinggi dengan nilai persentase paling dominan adalah 53 8% (b) pada variabel iklim organisasi SMA Negeri di Kota Kediri berada dalam kategori tinggi dengan nilai persentase paling dominan 60 2% (c) dan kinerja guru SMA Negeri di Kota Kediri berada dalam kategori tinggi dengan nilai persentase paling dominan 51 6%. Hasil analisis korelasi product moment pearson yaitu (a) terdapat hubungan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dengan kinerja guru ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0 000 0 05 (b) terdapat hubungan antara iklim organisasi dengan kinerja guru ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0 000 0 05. Hasil analisis korelasi berganda menghasilkan bawah terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Kediri ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0 000 0 05. Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini ditujukan kepada (a) Kepala dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur hendaknya dapat memberikan pelatihan kepala sekolah sehingga jika kapasitas kepemimpinan kepala sekolah meningkat maka kinerja guru juga meningkat (b) Kepala SMA Negeri di Kota Kediri telah berupaya untuk melakukan tugas dan tanggug jawabnya sebagai pemimpin visioner dengan baik hendaknya kepala sekolah dapat mempertahankan serta meningkatkan kemampuannya sebagai pemimpin visioner melalui pembinaan serta pelatihan (c) Guru SMA Negeri Kota Kediri telah berupaya menunjukkan kinerja dengan baik hendaknya guru dapat mempertahakan dan meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik melalui dukungan dari kepala sekolah (d) Hendaknya dapat mengkaji faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan kinerja guru sehingga dapat menambah wawasan bagi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan dan (e) Peneliti lain dapat digunakan sebagai referansi dan informasi untuk penelitian maupun sumber belajar terkait kepemimpinan visioner iklim organisasi dan kinerja guru dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/174066

Actions (login required)

View Item View Item