Penyisipan informasi ke dalam citra digital dengan Singular Value Decomposition (SVD) / Ahmad Solikhudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyisipan informasi ke dalam citra digital dengan Singular Value Decomposition (SVD) / Ahmad Solikhudin

Solikhudin, Ahmad (2015) Penyisipan informasi ke dalam citra digital dengan Singular Value Decomposition (SVD) / Ahmad Solikhudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Solikhudin Ahmad. 2015. Penyisipan Informasi ke dalam Citra Digital dengan Singular Value Decomposition (SVD). Skripsi Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Mohammad Yasin S.Kom M.Kom. Kata Kunci penyisipan informasi citra digital Singular ValueDecomposition Di zaman sekarang ini banyak terjadi perkembangan di ilmu pengetahuan di bidang teknologi salah satunya adalah internet. Dengan adanya internet seseorang dapat bertukar informasi walaupun dengan jarak yang sangat jauh. Di sisi lain beberapa pihak memanfaatkan internet untuk kegiatan yang merugikan pihak lain yaitu pencurian informasi. Berbagai macam teknik digunakan untuk melindunginya salah satunya dengan digital watermarking. Melalui digital watermarking informasi akandisisipkan ke dalam media digital tanpa mempengaruhi media digital itu sendiri. Beberapa media digial yang dapat digunakan yaitu citra video suara dan teks. Dalam karya tulis ini penulis menggunakan Informasi dan media digital berupa citra digitaldengan ekstensijpg. Pada skripsi ini penulis menggunakan metode Singular Value Decomposition (SVD) untuk menyisipkan informasi ke dalam media digital. Metode tersebut mendekomposisi citra digital menjadi matriks-matriks persegi. Metode penyisipan informasi dengan SVD ternyata cukup baik dalam mempertahankan citra pada saat proses ekstraksi. Dari hasil percobaan menghasilkan tingkat kemiripan terhadap informasi asli sebesar 0.97200.Hasil ini menunjukkan bahwa implementasi digital watermarkingdengan menggunakan metodeSVD ternyata menunjukkan kinerja ketahanan yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17404

Actions (login required)

View Item View Item