Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di SMK Negeri se-kota Malang / Choiria Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di SMK Negeri se-kota Malang / Choiria Mahmudah

Mahmudah, Choiria (2020) Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di SMK Negeri se-kota Malang / Choiria Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mahmudah Choiria. 2020. Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru di SMK Negeri se-Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd. Kata kunci kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru Kinerja guru merupakan hasil kerja yang ditunjukkan oleh guru dalam menyelesaikan tugas sebagi seorang pendidik. Kinerja guru merupakan hal terpenting untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Kinerja yang baik tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru yaitu faktor internal (dari dalam diri guru) dan faktor eksternal (dari lingkungan kerja) misalnya kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kepemimpinan transformasional Kepala SMKN se-Kota Malang (2) untuk mengetahui kinerja guru SMKN se-Kota Malang dan (3) untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru SMKN se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru SMK Negeri Kota Malang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan total keseluruhan responden sebanyak 230 guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif uji prasyarat analisis dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepemimpinan transformasional kepala SMKN se-Kota Malang tergolong sangat baik hal ini ditunjukkan dengan nilai presentase paling dominan adalah 40% berada pada kategori sangat baik (2) kinerja guru SMKN se-Kota Malang tergolong baik hal ini ditunjukkan dengan nilai presentase paling dominan adalah 29% berada pada kategori baik dan (3) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di SMKN se-Kota Malang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 49 4% dan nilai signifikansi 0 000 0 05. Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur agar kemampuan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat dipertahankan dan juga kinerja guru di sekolah dapat ditingkatkan hendaknya didakan pelatihan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada kepala sekolah dan guru untuk dapat melaksanakan pendidikan lanjut mengikutsertakan kepala sekolah dan guru dalam kegiatan workshop ataupun kegiatan lainnya (2) Kepala SMK Negeri Kota Malang hendaknya melaksanakan tugas sehari-hari kepala sekolah terus melaksanakan dan mencerminkan perilaku kepemimpinan transformasional berusaha menjadi pemimpin yang dapat menjadi panutan bagi para guru berusaha menjadi agen perubahan di sekolah serta selalu berusaha untuk mendengarkan aspirasi guru dan juga memberikan kesempatan kepada guru untuk terus berkembang dan meningkatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki (3) Guru SMK Negeri Kota Malang hendaknya kinerja guru di sekolah lebih ditingkatkan lagi agar menjadi sangat baik. Peningkatan kinerja guru ini dapat dilakukan melalui dukungan dari kepala sekolah selain itu guru juga harus turut andil untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan dan potensi yang ada pada dirinya melalui berbagai kegiatan pelatihan workshop KKG UKG atau kegiatan seminar lainnya yang berkaitan dengan cara-cara melaksanakan kegiatan pembelajaran guru-guru di sekolah harus terus melakukan inovasi-inovasi baru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya dapat menemukan dan mengkaji faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan kinerja guru sehingga dapat menambah ilmu dan wawasan bagi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan dan (5) Peneliti lain Hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai sumber referensi untuk kegiatan penelitian selanjutnya dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam penelitian ini. Peneliti lain juga bisa menggunakan variabel lain yang berkaitan dengan kinerja guru. Selain itu juga dapat menggunakan instrumen dalam penelitian ini untuk pengembangan penelitian selanjutnya dalam kegiatan penelitian selanjutnya sebaiknya tidak mencantumkan nama pada bagian identitas responden agar responden dapat memberikan jawaban secara jujur sesuai dengan kondisi dan keadaan sebenarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/174012

Actions (login required)

View Item View Item