Sari, Novlia Pradhita Ama Sari (2021) Internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di sekolah berbasis ketarunaan (studi kasus di sma negeri taruna nala jawa timur). / Novlia Pradhita Ama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sari Novlia Pradhita Ama. 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Di Sekolah Berbasis Ketarunaan (Studi Kasus di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H.Sultoni M.Pd. (II) Wildan Zulkarnain S.Pd. M.Pd. Kata Kunci internalisasi nilai karakter ketarunaan Internalisasi nilai-nilai karakter merupakan suatu proses menanamkan nilai keyakinan kebenaran untuk menyesuaikan sikap dan perilaku dalam diri seseorang agar terbiasa dikehidupan sehari-hari. Kegiatan ketarunaan dapat membantu peserta didik untuk melatih mental dan fisiknya dengan menggunakan sistem kemiliteran sehingga peserta didik dapat membentuk karakternya dengan menerapkan nilai-nilai karakter. Di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur menerapkan delapan kode etik untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik yakni (1) malu tidak disiplin (2) malu tidak hormat (3) malu tidak loyal (4) malu tidak sopan (5) malu tidak rapi (6) malu tidak jujur (7) malu berbuat curang dan (8) malu mengambil bukan hak. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan pada siswa di sekolah berbasis ketarunaan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur (2) Proses internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di sekolah berbasis ketarunaan SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur (3) Program pembentukan karakter dalam internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di sekolah berbasis ketarunaan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur (4) Faktor pendukung dalam internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di sekolah berbasis ketarunaan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur dan (5) Faktor penghambat dan solusinya dalam internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sebagai informan kunci dari penelitian ini adalah guru dan pembina pengasuh dari TNI Angkatan Laut. Lokasi dari penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Sumber data yang telah digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang diambil dalam penelitian ini yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data kondensasi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Data penelitian dalam penelitian ini adalah dengan pengecekan keabsahan data melalui (1) triangulasi (2) pengecekan anggota dan (3) perpanjangan waktu pengamatan. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui (1) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan pada siswa di sekolah berbasis ketarunaan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur meliputi ketentuan dasar nilai-nilai karakter yang dikembangkan pada siswa berbasis ketarunaan dan tujuan nilai-nilai karakter yang dikembangkan pada siswa berbasis ketarunaan (2) Proses internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di sekolah berbasis ketarunaan SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur meliputi tahap-tahap internalisasi nilai-nilai karakter pada kegiatan ketarunaan dan pelaksanaan saat menanamkan nilai-nilai karakter pada kegiatan ketarunaan (3) Program pembentukan karakter dalam internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di sekolah berbasis ketarunaan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur meliputi program yang dilaksanakan pada saat kegiatan ketarunaan dalam internalisasi nilai karakter aspek-aspek dalam kegiatan ketarunaan untuk menerapkan internalisasi nilai-nilai karakter dan tugas pihak-pihak yang terlibat dalam internalisasi nilai-nilai karakter pada saat kegiatan ketarunaan (4) Faktor pendukung dalam internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di sekolah berbasis ketarunaan di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur meliputi faktor pendukung dalam menerapkan nilai karakter pada siswa berbasis ketarunaan seperti pemantuan yang melekat dan membiasakan peserta didik. Strategi dalam pendidikan karakter yang mendukung kegiatan ketarunaan seperti mentaati peraturan kehidupan peserta didik pelatihan fisik dan mental dan terikat dalam satu persaudaraan (5) Faktor penghambat dan solusinya dalam internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur meliputi faktor penghambat dalam internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di sekolah saat kegiatan ketarunaan seperti masa labil remaja dan melanggar peraturan kehidupan peserta didik. Kemudian solusi untuk mengatasi penghambat bagi peserta didik dalam mengembangkan internalisasi nilai-nilai karakter pada saat kegiatan ketarunaan seperti memberikan teguran kepada peserta didik memberikan buku pelanggaran pembiasaan terus menerus dan saling berkoordinasi antara guru dan pembina pengasuh. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang diberikan yaitu (1) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Kota Batu yaitu diharapkan bisa mengoptimalkan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga kepala sekolah guru dan tenaga administrasi sekolah agar bisa membentuk kerjasama yang baik dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang diinginkan (2) Kepala SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur yaitu diharapkan selalu memberikan dukungan dan sebaiknya kepala sekolah meningkatkan kualitas pendidikan (3) Guru dan Pembina Pengasuh TNI AL yaitu selalu memberikan perhatian tidak hanya disekolah tetapi juga diasrama dan terus menjalin komunikasi yang baik antar sesama warga sekolah untuk menghadapi permasalahan sehingga bisa saling membantu dan berdiskusi untuk membentuk karakter peserta didik pada saat kegiatan ketarunaan (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yaitu diharapkan menjadi bahan referensi bagi jurusan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa berbasis ketarunaan. Selain itu sebaiknya jurusan bisa bekerjasama dengan sekolah untuk menambah pengetahuan mengenai sekolah yang berbasis ketarunaan (5) Peneliti Lain yaitu dapat dijadikan bahan referensi peneliti lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa berbasis ketarunaan. Selain itu peneliti juga mengharapkan agar peneliti lainnya bisa meneliti peserta didik di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/174010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |