Pengembangan multi media pelajaran IPA kelas VI pokok bahasan gerak bumi dan bulan di SDN 3 Wonodadi Ponorogo / Febrian Dwi Ardhianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multi media pelajaran IPA kelas VI pokok bahasan gerak bumi dan bulan di SDN 3 Wonodadi Ponorogo / Febrian Dwi Ardhianto

Ardhianto, Febrian Dwi (2011) Pengembangan multi media pelajaran IPA kelas VI pokok bahasan gerak bumi dan bulan di SDN 3 Wonodadi Ponorogo / Febrian Dwi Ardhianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Multimedia Gerak Bumi dan Bulan. Multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran dapat menimbulkan manfaat atau nilai tertentu dari segi penggunaanya karena dalam penyampaianya memadukan unsur audio visual serta interaktifitas sehingga dapat menarik minat pengguna. Berdasarkan observasi awal dilapangan adalah di sekolah tersebut belum menggunakan multimedia dan hanya menggunakan media sederhana saja dalam proses pembelajaran meskipun di sana tersedia sarana belajar yang memadai luasnya materi Sumber Daya Alam dan terbatasnya waktu yang digunakan dalam penyampaian materi membuat siswa merasa jenuh dalam proses pembelajaran jika hanya menggunakan media sederhana dalam penyampaianya. Oleh karena itu perlu adanya penyediaan sumber belajar yang berupa multimedia yang didesain dalam bentuk bahan ajar multimedia. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa bahan ajar multimedia yang telah melalui proses validasi pada mata pelajaran IPA kelas VI di SDN 3 Wonodadi Ponorogo. Bahan ajar multimedia ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dari media ini adalah (1) dapat digunakan secara individu (2) tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakan media ini (3) bahan ajar multimedia bersifat interaktif sehingga siswa langsung mendapatkan feedback (balikan) dari media ini (4) dilengkapi dengan petunjuk pemanfaatan kompetensi dasar dan kuis atau soal latihan (5) tampilan media disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas VI yaitu dengan penggunaan warna yang cerah dan animasi yang dapat membuat siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar dengan menggunakan media ini. Sedangkan kekurangan media ini adalah (1) bahan ajar multimedia ini hanya terbatas pada pokok materi gerak bumi dan bulan (2) hanya bisa digunakan secara individual saja tidak dalam kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi pengembangan bahan ajar multimedia kepada dua orang ahli media dan satu orang ahli materi kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar multimedia tersebut. Hasil pengembangan multimedia Pelajaran IPA Kelas VI Pokok Bahasan Gerak Bumi dan Bulan di SDN 3 Wonodadi Ponorogo ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 90% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 92 5 %. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia Pelajaran IPA Kelas VI Pokok Bahasan Gerak Bumi dan Bulan valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item