Pengembangan perangkat ajar sistem persamaan linier dua variabel dengan media botol minuman untuk siswa kel;as VIII SMP yang berciri realistic mathematic education / Seviana Maryam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat ajar sistem persamaan linier dua variabel dengan media botol minuman untuk siswa kel;as VIII SMP yang berciri realistic mathematic education / Seviana Maryam

Maryam, Seviana (2015) Pengembangan perangkat ajar sistem persamaan linier dua variabel dengan media botol minuman untuk siswa kel;as VIII SMP yang berciri realistic mathematic education / Seviana Maryam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maryam Seviana. 2015. PengembanganPerangkat Ajar SistemPersamaan Linier DuaVariabeldengan Media BotolMinumanuntukSiswaKelas VIII SMP Yang Berciri Realistic Mathematic Education. JurusanMatematika FMIPA UniversitasNegeri Malang.Pembimbing Prof. Drs. GatotMuhsetyo M.Sc. Kata kunci perangkat ajar RME sistempersamaan linier duavariabel media botolminuman Tujuanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanperangkat ajar persamaan linier duavariabeldengan media botolminumanuntuksiswakelas VIII SMPyang bercirirealistic mathematic education. Model pengembangan yang digunakanadalah model 4-D (four D model)dariThiagarajan yang terdiriatasempattahap yaitutahappendefinisian (define) tahapperancangan (design) tahappengembangan (develop) dantahappenyebaran (disseminate). Tetapidalampenelitianinitidakdilakukantahappenyebaran (disseminate). Perangkat ajar yang dikembangkanterdiriatas RPP soaltesdanBukuSiswa.Dalampembelajaranjugadigunakan media botolminumanuntukmemudahkansiswadalammempelajarimateripersamaan linier duavariabel.Uji yang dilakukanpenelitiadalahujikevalidan yang dilakukanolehsatu orang dosendandua orang guru matematika danujikelayakanperangkat ajar dilakukanoleh 10 siswasebagaisubjekujicoba. Berdasarkananalisis data yang dilakukandiperolehhasilyaitu (1) persentasekevalidan RPP danBukusiswaberturut-turutadalah 85 71% dan 82 22% (2) persentasesiswa yang mendapatnilaidiatas SKM adalah 90% yang ditunjukandengan 9 dari 10 subjekujicobamemperolehnilaiakhirlebihdariatausamadengan 75. Dengandemikianperangkat ajar persamaan linier duavariabeldengan media botolminuman yang berciri RME yang dihasilkanmemenuhikriteria valid danlayakuntukdigunakan.Berdasarkanpengembanganinidisarankanuntukmenyesuaikanmateridengansituasikontekstualnyadanmengembangkanperangkat ajar yang berciri RME untukmateri lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17399

Actions (login required)

View Item View Item