Rochayati, Masithoh Yessi (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat berdasar kurikulum 2013 model discovery learning untuk SMP kelas VIII / Masithoh Yessi Rochayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rochayati Masithoh Yessi. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Persamaan Kuadrat Berdasar Kurikulum 2013 Model Discovery Learning untuk SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. Kata Kunci perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 Model Discovery Learning persamaan kuadrat Persamaan kuadrat merupakan materi yang dirasa sulit oleh siswa. Berdasarkan studi pendahuluan dalam pembelajaran matematika pada umumnya guru cenderung menyampaikan materi ini secara langsung dan jarang mengarahkan siswa untuk menemukan konsep secara mandiri. Penemuan konsep secara mandiri penting dilakukan untuk mempermudah siswa memahami suatu materi. Pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat berdasar Kurikulum 2013 Model Discovery Learning diharapkan dapat membantu siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat berdasar Kurikulum 2013 Model Discovery Learning. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan yang dikemukakan Plomp. Model pengembangan ini terdiri atas fase investigasi awal fase desain fase realisasi dan fase tes evaluasi dan revisi. Dalam penelitian ini dilakukan uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga validator yang terdiri atas satu dosen matematika dan dua praktisi sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan melalui uji coba. Data hasil uji coba terdiri atas tiga macam yaitu data hasil observasi aktivitas guru yang digunakan untuk uji kepraktisan dan data hasil observasi aktivitas siswa serta nilai siswa untuk uji keefektifan. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil validasi yaitu (1) presentase kevalidan RPP dan LKS secara berturut-turut mencapai 88 55% dan 88 02% (2) presentase kepraktisan perangkat pembelajaran mencapai 85 34% (3) presentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 85 21% dan (4) presentase ketuntasan klasikal mencapai 88 46%. Dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid praktis dan efektif. Meskipun demikian revisi perlu dilakukan untuk kesempurnaan produk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17397 |
Actions (login required)
View Item |