Pengembangan media komik mengenai persamaan linier satu variabel pada siswa SMP kelas VII / Ainil Ashfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media komik mengenai persamaan linier satu variabel pada siswa SMP kelas VII / Ainil Ashfa

Ashfa, Ainil (2014) Pengembangan media komik mengenai persamaan linier satu variabel pada siswa SMP kelas VII / Ainil Ashfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ashfa Ainil. 2014. Pengembangan Media Komik pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Vita Kusumasari S.Si M.Pd. Kata Kunci media komik soal cerita persamaan linier satu variabel 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika SMP Negeri 1 Lekok soal cerita persamaan linier satu variabel masih dianggap sulit oleh siswa. Hal ini juga terlihat pada hasil pengerjaan soal cerita yang diberikan pengembang kepada beberapa siswa kelas VII C di sekolah tersebut. Oleh karena itu pengembang melakukan pengembangan media pembelajaran berupa komik yang pada umumnya komik adalah bacaan yang disukai siswa. 12288 12288 12288 Tujuan pengembangan komik ini untuk memahami soal cerita matematika pada siswa kelas VII materi persamaan linier satu variabel. Hal ini dapat membantu siswa untuk memahami soal cerita matematika membentuk model matematika dari soal cerita matematika dan menyelesaikan model matematika tersebut. 12288 12288 12288 Pengembangan media komik ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari prosedur penelitian dan pengembangan Sadiman. Tahapan pengembangan media komik ini adalah sebagai berikut (1) Identifikasi Kebutuhan (2) Perumusan Tujuan Instruksional (3) Perumusan Butir-butir Materi (4) Perumusan Alat Pengukur Keberhasilan (5) Penulisan Naskah Media (6) Tes/Uji Coba (7) Evaluasi dan Revisi Media. Dari ketujuh tahapan pengembangan tersebut dihasilkan produk berupa media komik mengenai persamaan linier satu variabel. Media komik ini menyajikan lima alur cerita (Back to School Naik Bus Mengikuti Jejak Mengambil Bingkisan dan Pergi ke Taman Bermain). Untuk menguji kelayakan media dilakukan uji validitas dan uji efektifitas. Dari uji validitas dan uji efektifitas yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media telah memenuhi kriteria valid dan efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media komik dapat digunakan sebagai alternatif solusi dalam pembelajaran untuk memahami soal cerita pada materi persamaan linier satu variabel. 12288 12288 12288 Disarankan kepada pengembang media komik lainnya agar uji coba dilanjutkan dengan melibatkan sampel uji yang lebih banyak. Kemudian tahap pengembangan sebaiknya dilanjutkan sampai pada tahap penyebarluasan karena pada pengembangan ini terbatas pada tahap pengembangan. Pemilihan karakter pada komik sebaiknya disesuaikan dengan karakter yang disukai siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17378

Actions (login required)

View Item View Item