Aisyah, Siti (2014) Analisis kesalahan siswa kelas XI MAN Malang 1 dalam menyelesaikan soal peluang dengan menggunakan metode newman / Siti Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aisyah Siti.2014. Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI MAN MALANG I dalam Menyelesaikan Soal Peluang Menggunakan Metode Newman.Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Askury M.Pd. Kata Kunci Analisis Kesalahan Siswa Metode Newman 12288 12288 12288 12288 12288 Dalam belajar matematika kesulitan yang dialami siswa yaitu pada saat mengerjakan soal cerita. Hal ini terjadi karena siswa kesulitan dalam memahami makna dari soal cerita tersebut. Siswa yang mengalami kesulitan tersebut tidak mampu menyelesaikan masalah dengan baik sehingga siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal. Untuk mengidentifikasi kesalahan siswa digunakan analisis kesalahan yang dilakukan siswa. Analisis tersebut diharapkan dapat mengetahui letak kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita. Salah satu metode unutuk menganalisis kesalahan siswa adalah metode analisis kesalahan Newman. 12288 12288 12288 12288 Metode Newman merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Metode ini diperkenalkan oleh Anne Newman pada tahun 1977 dengan mencakup 5 aspek yaitu (1) membaca masalah (reading) (2) pemahaman (comprehension) (3) tranformasi (transformation) (4) keterampilan proses (process skill) (5) Penulisan jawaban akhir (encoding). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pada tahap mana dalam Analisis Kesalahan Newman siswa melakukan kesalahan penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut dan solusi apa yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MAN Malang 1 tahun ajaran 2013/2014. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa sebanyak 4 93% siswa melakukan kesalahan membaca 46 62% siswa melakukan kesalahan pemahaman Soal 37 62% kesalahan dalam mentransformasi ke bentuk kalimat matematika 31 82% siswa melakukan kesalahan Ketrampilan Proses dan 14 06% siswa melakukan kesalahan Penulisan Jawaban Akhir. Dari analisis data juga diperoleh faktor penyebab kesalahan siswa yaitu tidak bisa menyusun makna kata yang dipikirkan kedalam bentuk kalimat matematika kurang teliti lupa kurang latihan mengerjakan soal-soal bentuk cerita dengan yang bervariasi dan kurang memahami soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17373 |
Actions (login required)
View Item |