Penerapan asesmen diri dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang / Nur Indha Permata Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan asesmen diri dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang / Nur Indha Permata Sari

Sari, Nur Indha Permata (2014) Penerapan asesmen diri dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang / Nur Indha Permata Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Nur Indha Permata. 2014. Penerapan Asesmen Diri dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sukoriyanto M.Si. Kata Kunci Asesmen Diri STAD Keaktifan Belajar Matematika 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi pendahuluan serta wawancara kepada guru pengajar matematika di SMP Negeri 2 Malang kelas VIII-I diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru sering menerapkan metode ceramah. Guru jarang menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung seperti model pembelajaran kooperatif. Selain itu penilaian terhadap diri siswa belum menilai seluruh aspek dalam diri siswa. Akibatnya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu metode belajar yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penerapan asesmen diri dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini mendeskripsikan tentang langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan asesmen diri dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Malang dengan subjek siswa kelas VIII-I yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan dalam 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa 2) hasil catatan lapangan 3) hasil lembar asesmen diri 4) hasil tes akhir siklus. 12288 12288 12288 12288 Data penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa setelah mengikuti penerapan asesmen diri dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan baik berdasarkan lembar asesmen diri pada setiap pertemuan maupun nilai tes akhir siklus. Pada siklus I hasil lembar asesmen diri pada pertemuan pertama mencapai 67.86% dan 82.14% pada pertemuan kedua sedangkan pada siklus II hasil lembar asesmen diri mencapai 84% pada pertemuan pertama dan 92.53% pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil tes akhir siklus pada siklus I presentase keberhasilan adalah 82.14% dan pada siklus II mencapai 85.71% dari keseluruhan siswa yang hadir di kelas VIII-I telah mencapai SKBM yang ditentukan sekolah yakni 75 dalam rentang 0-100. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian tersebut langkah-langkah penerapan asesmen diri dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu (1) Pemberian lembar asesmen diri kepada setiap siswa serta penjelasan mengenai kegunaan lembar asesmen diri bagi siswa (2) Tahap presentasi guru mempresentasikan materi awal kepada siswa dengan metode tanya jawab dengan siswa (3) Tim siswa melakukan diskusi dan bekerja sama dalam kelompok berempat dengan bantuan LKS (4) Kuis siswa mengerjakan soal kuis secara individual (5) Skor kemajuan individual guru bersama siswa menghitung perolehan skor kemajuan individual masing-masing siswa berdasarkan hasil perolehan kuis (6) Rekognisi tim guru memberikan penghargaan kepasda kelompok yang memperoleh skor kelompok tertinggi berdasarkan akumukasi skor kemajuan individual anggota kelompok (7) Pengumpulan lembar asesmen diri guru mengumpulkan lembar asesmen diri masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17371

Actions (login required)

View Item View Item