Menentukan waktu perawatan mesin ketel berdasarkan analisis reliabilitas (studi kasus pada mesin ketel di PT. PG. Krebet Malang) / Dwi Resmi Yudi Pratiwi

Pratiwi, Dwi Resmi Yudi (2014) Menentukan waktu perawatan mesin ketel berdasarkan analisis reliabilitas (studi kasus pada mesin ketel di PT. PG. Krebet Malang) / Dwi Resmi Yudi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yudi, Resmi, Dwi. 2013. MenentukanWaktuPerawatanMesinKetelBerdasarkanAnalisis Reliabilitas (Studi Kasus Pada MesinKeteldiPT. PG. KrebetMalang).Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Dra. Eddy Budiono, M. Pd. Kata Kunci :reliabilitas, distribusi weibull, mesin ketel PT. PG. Krebet adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi gula dimana seluruh aktivitas produksinya dijalankan dengan mesin. Salah satu mesin yang digunakan adalah mesin Ketel. Mesin ini berfungsi sebagaisumberpenghasillistrik, untukmenyuplaitenagalistrik yang dibutuhkanperusaanpadasaat proses produksisehinggaperusahaantidakperlumengeluarkanbanyakbiayauntukbiayaproduksiterutamalistrik. Jika mesin ini rusak, mesin akan berhenti yang berakibatsuplementenagalistrikberkurangsehingga kegiatan produksimenjaditerganggu. Oleh karena ituperluadanyarencanaperawatanmesinsebelummesintersebutmengalamikerusakanmesin agar lancarnya kegiatan produksi.Analisis Reliabilitas sangat tepat digunakan untuk menentukan perencanaanperawatanpencegahankerusakanpadamesin. AnalisisReliabilitasadalahsuatumetode yang memberikanteknik-teknikpraktisdanteoritismengenaipeluangdankapabilitaskomponenprodukuntukmelakukanfungsinyatanpakerusakandalamjangkawaktutertentu. Langkah- langkah yang harus dilakukan adalah: (1) pemeriksaan distribusi; (2) menentukan nilai rata-rata antarwaktukerusakankomponen; (3) mencari nilaireliabilitas danlajukerusakankomponenberdasarkan nilai rata-rata antar kerusakan; (4) menentukanwaktuperawatanmesinketelberdasarkananalisisReliabilitassehinggakomponentersebutdapatdigunakansecara optimal. Kesimpulan yang diperoleh adalah data waktu hidup dari komponen slate pada mesin ketel berdasarkan uji distribusi menggunakan nilai Anderson Darling data berdistribusi Weibull dengan dua parameter dimana nilai β =1,159 danσ=217,398.. Distribusi Weibull yang diperoleh digunakan untuk menentukan rata-rata antar waktu kerusakan mesin. Denganmenggunakannilai rata-rata antarwaktukerusakanyaitusebesar206,408jam maka dapat diketahuinilaireliabilitasyaitu sebesar 39% dan laju kerusakan sebesar 0,00495 kerusakan/jam.Penentuan perencanaanperawatanmesinmenggunakan rata-rata antar waktu kerusakan pada mesinketelyaitusetiap 206,408 per jam di PT. PG. Krebetmalangsetiap kali beroperasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17361

Actions (login required)

View Item View Item