Kohesivitas dan tekanan kelompok pada remaja (studi interaksionisme simbolik pada pelaku merokok bareng siswa SMK) / Ika Fembriati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kohesivitas dan tekanan kelompok pada remaja (studi interaksionisme simbolik pada pelaku merokok bareng siswa SMK) / Ika Fembriati

Fembriati, Ika (2010) Kohesivitas dan tekanan kelompok pada remaja (studi interaksionisme simbolik pada pelaku merokok bareng siswa SMK) / Ika Fembriati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fembriati Ika. 2010. Kohesivitas Dan Tekanan Kelompok Pada Remaja (Studi Interaksionisme Simbolik Pada Pelaku Merokok Bareng Siswa SMK). Skripsi. Bimbingan Konseling dan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Andi Mappiare A.T M.Pd (2) Dr. M. Ramli M.A Kata Kunci Kohesivitas Kelompok Variasi Pertimbangan Keputusan Kelompok Tekanan Kelompok Kelompok sebaya (peer group) dalam pergaulan remaja sehari-hari dapat mempengaruhi perilaku anggota-anggota kelompoknya. Atas dasar tersebut peneliti membuat rumusan masalah yang bertujuan untuk mengetahui (1) apa bentuk-bentuk tekanan kelompok yang diterima oleh remaja (2) bagaimana variasi pengambilan keputusan dalam tekanan kelompok para remaja dan (3) bagaimana deskripsi kohesivitas kelompok remaja sebagaimana tampak pada interaksi anggota-anggotanya Penelitian dilakukan di salah satu SMK di Nganjuk. Fokusnya pada subyek remaja akhir berusia 16 tahun. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif jenis interaksionisme simbolik. Hasil penelitian ini adalah (1) Di dalam interaksi subyek dan teman-temannya terdapat penerapan tekanan kelompok dalam bentuk tekanan positif dan bentuk tekanan negatif (2) Variasi pengambilan keputusan dalam tekanan kelompok ditunjukkan dengan subyek menerima dengan sukarela ajakan teman-temannya menolak dengan keras ajakan teman-temannya serta menolak pada awalnya tetapi menerima pada akhirnya tuntutan teman-teman subyek (3) Kohesivitas kelompok antara subyek dengan teman-temannya ditunjukkan dengan adanya ikatan persaudaraan antara subyek dengan teman-temannya perasaan saling diterima dan disukai perasaan nyaman dan mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal di sekitar yang belum diketahui subyek sehingga membuat subyek cenderung untuk bertahan dalam kelompoknya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disarankan kepada konselor untuk memberikan tindak lanjut melalui pengembangan program-program bimbingan dengan mengadakan latihan-latihan tentang cara mengembangkan keterampilan dalam hubungan dengan teman sebaya. Bagi orang tua diharapkan untuk lebih mengawasi anak-anaknya dalam hal akademik maupun pergaulannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1736

Actions (login required)

View Item View Item