Rizal, Syaiful (2014) Penerapan pendekatan SaVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) untuk meningkatkan pemahaman konsep teorema Pythagoras siswa kelas VIII-A SMPN 15 Malang / Syaiful Rizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rizal Syaiful. 2013. Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Dan Intelektual) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII-A SMPN 15 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Pemahaman konsep Pembelajaran dengan pendekatan SAVI. Pembelajaran matematika akan tercapai dengan baik apabila terlebih dahulu mengetahui karakteristik matematika dan dapat ditinjau dari aspek kompetensi yang ingin dicapai dan dari aspek materi yang dipelajari untuk menunjang tercapainya kompetensi. Matematika menekankan pemahaman konsep dan algoritma keterampilan melakukan penalaran memecahkan masalah melakukan komunikasi secara matematis serta memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan. Kemampuan pemahaman konsep diperlukan untuk memahami tiap-tiap topik dalam matematika yang tersusun secara logis dan sistematis oleh subtopik yang membangunnya. Usaha dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas dengan melibatkan siswa secara aktif dan efektif dalam proses belajar mengajar. Salah satunya dengan pendekatan SAVI. Dalam pendekatan ini proses belajar akan melibatkan indra pada tubuh yang mendukung pembelajaran belajar dengan bergerak aktif secara fisik dengan memanfaatkan indra sebanyak mungkin dan membuat seluruh tubuh atau pikiran terlibat dalam proses belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 15 Malang yang terdiri dari 39 siswa. Tindakan dilaksanakan dalam 1 siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. Untuk mengetahui pemahaman konsep siswa diberikan kuis di tiap akhir pertemuan dan tes pemahaman konsep pada akhir siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pelaksanaannya yang meliputi empat tahapan pembelajaran yaitu tahap persiapan tahap penyampaian tahap pelatihan dan tahap penampilan hasil. Peningkatan pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa sesuai dengan indikator dari pemahaman konsep. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 77 25 menjadi 83 03 dengan peningkatan sebanyak 7 48% . serta peningkatan terhadap presentase ketuntasan siswa dari 56 41% menjadi 76 92% dengan peningkatan sebanyak 36 35%. Dengan melihat rata-rata nilai siswa dan presentase ketuntasan dari kuis dan tes hal ini berarti peningkatan hasil belajar telah meningkat lebih dari 1% dan lebih dari 60% siswa tuntas secara klasikal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |