Dewi, Nanda Marlufi Mutiara (2020) Pengaruh pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap kreativitas mengajar guru di Sekolah Menengah Atas Negeri se-kota Blitar / Nanda Marlufi Mutiara Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Dewi M.N. 2020. Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah terhadap Kreativitas Mengajar Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Blitar. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Dr. Agus Timan M.Pd. Kata Kunci pelaksanaan supervisi akademik kreativitas mengajar guru Kreativitas mengajar guru merupakan kemampuan guru dalam menciptakan suatu produk yang baru baik produk baru yang belum ada sebelumnya maupun bentuk modifikasi dari yang sebelumnya ada untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kreativitas mengajar guru dikembangkan melalui upaya pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan memberikan bantuan kepada guru untuk mengembangkan profesionalitasnya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pelaksanaan supervisi akademik akan berimplikasi pada kreativitas mengajar guru yang baik. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) mengetahui tingkat pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah pada Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Blitar (2) mengetahui tingkat kreativitas mengajar guru pada Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Blitar (3) mengetahui adakah pengaruh antara pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap kreativitas mengajar guru pada Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Blitar. Lokus penelitian ini yakni Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Blitar dengan jumlah empat sekolah. Populasi pada penelitian ini ialah guru PNS dan Non PNS (honorer) SMA Negeri Kota Blitar. Sampel pada penelitian ini sebanyak 150 guru PNS dan Non PNS (honorer) dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling yaitu jumlah bersifat proporsional sesuai jumlah masing-masing unsur atau kelompok yang diwakili. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan pengukuran skala likert dengan lima alternatif jawaban. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif analisis korelasi Product Moment Pearson dan analisis regresi linier sederhana. Kreativitas mengajar guru dalam penelitian ini termasuk kategori tinggi sedangkan pelaksanaan supervisi akademik pada penelitian ini termasuk ke dalam kategori sedang. Secara menyeluruh terdapat pengaruh yang positif antara pelaksanaan supervisi akademik terhadap kreativitas mengajar guru Terdapat beberapa saran berdasarkan kesimpulan yakni (1) Kepala sekolah sebaiknya memperbaiki pelaporan dan meningkatkan tindak lanjut dari hasil supervisi akademik yang telah dilakukan. Selain itu mengingat penggunaan media yang menarik dan menyelenggarakan penilaian kreatif oleh guru masih tergolong rendah kepala sekolah dapat memberikan guru pelatihan serta contoh penggunaan metode mengajar yang menarik dan penyelenggarakan penilaian secara kreatif dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Alternatif lainnya yang dapat dipilih kepala sekolah yakni dengan membuat buletin supervisi dengan topik penggunaan media yang menarik dan menyelenggarakan penilaian kreatif (2) Pada dasarnya kreativitas mengajar guru di SMA Negeri di Kota Blitar sudah tinggi. Namun demikian harus ditingkatkan juga oleh guru sebagai pihak yang secara langsung berhadapan dengan siswa pada saat pembelajaran guru sebaiknya berinovasi untuk menciptakan media yang menarik dan penilaian yang kreatif sehingga siswa tidak jenuh dan nantinya diharapkan prestasi belajar siswa akan meningkat. Sesama guru diharapkan dalam membantu guru lainnya yang mengalami keuslitan dalam menggunakan media menarik dan menyelenggarakan penilaian secara kreatif sehingga proses perbaikan serta peningkatan kemampuan guru yang masih kurang dapat segera diatasi (3) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam variabel kreativitas mengajar guru yang tinggi di SMAN se-Kota Blitar terdapat indikator yang masih rendah yakni penggunaan media yang menarik dan menyelenggarakan penilaian kreatif. Selain itu pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam tingkatan sedang namun indikator menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam kategori rendah. Penyebab rendahnya indikator ini belum diketahui penyebabnya sehingga permasalahan ini dapat dikaji atau diteliti kembali oleh peneliti lain di masa mendatang dengan pendekatan kualitatif agar dapat menguak akar permasalahan yang ada dengan penyebab masalah yang diketahui maka akan lebih mudah untuk merumuskan alternatif pemecahan masalah dan menentukan alternatif pemecahan masalah yang terpilih secara tepat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/173488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |