Analisis kinerja metode ASM dalam menyelesaikan masalah transportasi fuzzy dan linier / Dian Arvianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja metode ASM dalam menyelesaikan masalah transportasi fuzzy dan linier / Dian Arvianto

Arvianto, Dian (2013) Analisis kinerja metode ASM dalam menyelesaikan masalah transportasi fuzzy dan linier / Dian Arvianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arvianto Dian. 2013. Analisis Kinerja Metode ASM dalam Menyelesaikan Masalah Transportasi Fuzzy dan Linier. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sapti Wahyuningsih M.Si. Kata kunci Masalah Transportasi Fuzzy dan Linier Metode ASM Jumlah Nol Masalah transportasi fuzzy dan linier merupakan salah satu masalah dalam Riset Operasi. Masalah transportasi fuzzy dan linier ini adalah suatu masalah bagaimana untuk mengangkut barang produksi dari berbagai sumber ke berbagai tujuan dengan biaya angkut seminimal mungkin. Metode C_ij terkecil MODI merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah transportasi fuzzy dan linier. Metode ini melalui dua tahap pengerjaan tahap pertama dikerjakan dengan metode C_ij terkecil sebagai metode pencari solusi awal. Tahap kedua dikerjakan dengan menggunakan metode MODI untuk mengecek keoptimuman dari solusi awal sehingga dapat diperoleh hasil yang optimum. Selain dua metode tersebut terdapat metode untuk menyelesaikan masalah transportasi fuzzy dan linier yaitu metode ASM. Metode ASM adalah salah satu metode optimalisasi masalah transportasi yang langsung menguji keoptimuman dari tablo transportasi. Metode ASM diawali dengan mengurangi biaya pada baris atau kolom dengan biaya terkecil. Jika setelah pengurangan biaya pada baris ada kolom yang belum nol maka mengurangi biaya pada kolom dengan biaya terkecil. Jika setelah pengurangan biaya pada kolom ada baris yang belum nol maka mengurangi biaya pada baris dengan biaya terkecil. Setelah mengurangkan biaya pada baris atau kolom akan ada biaya nol pada baris dan kolom. Setelah itu dihitung jumlah nol pada tiap-tiap baris dan kolom (tidak termasuk nol yang dipilih). Pilih jumlah nol yang minimum lalu alokasikan persediaan dan permintaan pada baris atau kolom yang memiliki biaya nol. Pencarian ini tetap berlanjut sampai semua permintaan terpenuhi dan semua persediaan habis. Dalam menyelesaikan masalah transportasi fuzzy dan linier selain menggunakan metode C_ij terkecil MODI bisa menggunakan metode ASM untuk menyelesaikannya. Pada masalah transportasi fuzzy dan linier baik dikerjakan dengan metode ASM dan metode C_ij terkecil MODI diperoleh hasil yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17347

Actions (login required)

View Item View Item