Algoritma genetika pada Multi Depot Vehicle Routing Probloem (MDVRP) / Igusta Wibis Vidi Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Algoritma genetika pada Multi Depot Vehicle Routing Probloem (MDVRP) / Igusta Wibis Vidi Akbar

Akbar, Igusta Wibis Vidi (2013) Algoritma genetika pada Multi Depot Vehicle Routing Probloem (MDVRP) / Igusta Wibis Vidi Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akbar Igusta Wibis Vidi. 2013. Algoritma Genetika pada Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP). Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. H. Purwanto Ph. D. Kata Kunci algoritma genetika Multi Depot Vehicle Routing Problem(MDVRP) Order Crossover(OX). Multiple Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) adalah perluasan dari Vehicle Routing Problem (VRP) Multiple Depot Vehicle routing problem ini berkembang ketika sejumlah kendaraan dari beberapa depot (lebih dari satu) akan melakukan pendistribusian ke beberapa customer dan kembali ke depot yang sama dengan jarak pendistribusian yang minimum tanpa melanggar kendala kapasitas dari kendaraan. Algoritma Genetika pada MDVRP dibagi menjadi tiga tahap yaitu grouping routing dan scheduling. Pada tahap grouping customer-customer dikelompokkan ke depot terdekat pada tahap ini dapat digunakan algoritma pada Shortest Path. Kemudian pada tahap Grouping customer-customer dikelompokkan ke sejumlah rute. Selanjutnya pada tahap Scheduling dilakukan proses genetika diantaranya seleksi dengan metode Roulette pindah silang dengan Order Crossover(OX) dan mutasi dengan Inversion Mutation. Pada contoh 1diperoleh solusi dengan total jarak 1285 km dan dengan Algoritma Clark and Wright diperoleh solusi dengan total jarak 1115 km. Sedangkan pada contoh 2 diperoleh beberapa solusi dengan total jarak yang sama dengan Algoritma Clark and Wright yaitu 797 km. Jadi pada Algoritma Genetika dimungkinkan diperoleh lebih dari satu solusi dengan fitness yang sama sehingga diperoleh alternatif solusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17336

Actions (login required)

View Item View Item