Algoritma harmony search dalam optimalisasi Vehicle Routing Problem with Time Window (VRPTW) / Irinne Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Algoritma harmony search dalam optimalisasi Vehicle Routing Problem with Time Window (VRPTW) / Irinne Puspitasari

Puspitasari, Irinne (2013) Algoritma harmony search dalam optimalisasi Vehicle Routing Problem with Time Window (VRPTW) / Irinne Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puspitasari Irinne. 2013. Algoritma Harmony Search Dalam Optimalisasi Vehicle Routing Problem With Time Window ( VRPTW ). Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing Prof. Drs.H. Purwanto Ph.D Kata Kunci metaheuristic Harmony Search memori harmoni. Masalah pendistribusian yang sering digunakan oleh masyarakat dewasa ini adalah permasalahan mengenai Vehicle Routing Problem (VRP). Menurut Machado dkk.(2002) VRP merupakan penggabungan dari dua model yaitu Travelling Salesman Problem (TSP) dengan Bin Packing Problem (BPP). Salah satu cabang dari VRP adalah VRPTW ( Vehicle Routing Problem with Time Window). VRPTW merupakan perluasan dari permasalahan VRP yang diberi tambahan time window. Harmony Search merupakan suatu algoritma metaheuristic yang terinspirasi oleh para pemain musik. Aplikasi dari algoritma ini banyak ditemukan pada masalah optimasi kombinatorial baik untuk variabel diskrit maupun kontinu. Penelitian tentang aplikasi Harmony Search untuk VRP (Geem et al 2005) telah dilakukan sehingga pada tulisan ini akan dilakukan penelitian tentang Harmony Search untuk menyelesaikan Vehicle Routing Problem with Time Window (VRPTW). Terdapat lima langkah pada algoritma Harmony Search yang telah disesuaikan untuk menyelesaikan permasalahan Vehicle Routing Problem with Time Window (VRPTW) yaitu inisialisasi parameter inisialisasi memori rute improvisasi rute baru memperbarui memori rute dan pemberhentian. Pada dua contoh kasus penerapan algoritma Harmony Search dalam VRPTW yakni contoh kasus untuk memenuhi permintaan 8 pelanggan dan 10 pelanggan. Algoritma ini mampu memberikan rute awal yang beragam dan jarak tempuh yang optimum. Rute awal yang beragam diperoleh pada langkah kedua algoritma yakni inisialisasi memori rute yang merupakan proses dimana satu rute yang diperoleh dari tahap inisialisasi parameter akan dirandom dan semua hasil dari perandoman tersebut disimpan dalam suatu matriks yang disebut memori rute. Akan tetapi algoritma ini tidak mampu memberikan jaminan untuk mendapatkan waktu pelayanan yang terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17335

Actions (login required)

View Item View Item