Analisis kinerja metode Zero Suffix dalam menyelasaikan masalah transportasi fuzzy dan linier / Tofan Adityawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja metode Zero Suffix dalam menyelasaikan masalah transportasi fuzzy dan linier / Tofan Adityawan

Adityawan, Tofan (2013) Analisis kinerja metode Zero Suffix dalam menyelasaikan masalah transportasi fuzzy dan linier / Tofan Adityawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adityawan Tofan. 2013. Analisis Kinerja Metode Zero Suffix dalam Menyelesaikan Masalah Transportasi Fuzzy dan Linier. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sapti Wahyuningsih M.Si. Kata kunci Masalah Transportasi Fuzzy dan Linier Metode Zero Suffix ......................Lintasan Tertutup. Salah satu masalah dalam kehidupan sehari hari yang dapat diselesaikan dengan Riset Operasi adalah masalah transportasi fuzzy dan linier yaitu suatu masalah bagaimana mengalokasikan barang yang tepat terhadap biaya agar diperoleh biaya pendistribusian yang minimum. Salah satu metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah transportasi fuzzy dan linier adalah metode C_ij Terkecil MODI yaitu melalui dua tahap pengerjaan tahap pertama dikerjakan dengan metode C_ij Terkecil sebagai metode pencari solusi awal. Tahap kedua dikerjakan dengan menggunakan metode MODI untuk menguji keoptimuman dari solusi awal sehingga dapat diperoleh hasil yang optimum. Pada pengerjaan dengan metode C_ij Terkecil MODI terdapat suatu kasus yaitu pembuatan lintasan tertutup secara berulang ulang untuk mendapatkan solusi yang optimum sehingga membutuhkan waktu pengerjaan yang lama. Hal inilah yang mendasari adanya metode penyelesaian masalah transportasi fuzzy dan linier yaitu metode Zero Suffix untuk mengatasi kasus tersebut. Metode Zero Suffix dimulai dengan pengurangan biaya di dalam tablo baris dengan biaya yang paling minimum pada baris kemudian dilanjutkan pengurangan biaya di dalam tablo kolom dengan biaya paling minimum pada kolom. Selanjutnya mencari suffix value dari masing masing kolom dengan memilih suffix value terbesar. Dilanjutkan memilih biaya nol pada tablo transportasi lalu memilih minimum dari permintaan dan persediaan dilanjutkan mengalokasikannya ke dalam suatu tablo. Pencarian suffix value ini tetap berlanjut sampai semua baris dan kolom jenuh. Dengan demikian untuk menyelesaikan masalah transportasi fuzzy dan linier dengan menggunakan metode C_ij Terkecil MODI jika terdapat kasus pembuatan lintasan tertutup secara berulang ulang dapat digunakan metode Zero Suffix.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17330

Actions (login required)

View Item View Item