Pengembangan modul pembelajaran soal cerita matematika kontekstual berbahasa Inggris untuk siswa kelas X / Eka Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran soal cerita matematika kontekstual berbahasa Inggris untuk siswa kelas X / Eka Lestari

Lestari, Eka (2013) Pengembangan modul pembelajaran soal cerita matematika kontekstual berbahasa Inggris untuk siswa kelas X / Eka Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Eka. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Soal Cerita Matematika Kontekstual Berbahasa Inggris Untuk Siswa Kelas X. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abdur. Rahman As ari M. Pd. M. A. Kata Kunci modul soal cerita persamaan kuadrat 12288 12288 12288 12288 Pada saat ini mayoritas guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran yang terpusat pada guru ini mengakibatkan kreativitas siswa terhambat. Siswa juga akan kehilangan motivasi belajar. Selain itu buku teks yang digunakan belum dapat mendukung guru dan siswa mencapai tujuan belajar. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan modul dalam kegiatan pembelajaran. Modul dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa karena siswa diberi kesempatan untuk belajar mandiri. Salah satu materi dalam matematika yang dianggap siswa sarat akan rumus adalah persamaan kuadrat. Materi ini belum diajarkan secara maksimal khususnya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Oleh karena itu masalah yang dituliskan dalam modul berupa soal cerita matematika kontekstual. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan suatu modul pembelajaran soal cerita matematika kontekstual berbahasa Inggris. Modul ini diharapkan dapat membantu siswa belajar secara aktif dan mandiri. Modul ini juga dapat membantu siswa dalam mempelajari soal cerita persamaan kuadrat yang ada di kehidupan sehari-hari. Selain itu siswa dapat belajar bahasa Inggris matematika dengan menggunakan modul ini. 12288 12288 12288 12288 Modul ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap. Kelima tahap itu adalah analyze design develop implement and evaluate. Pada tahap analyze dilakukan analisis pembelajaran dan materi soal cerita persamaan kuadrat. Pada tahap design dirancang format modul soal cerita yang akan dikembangkan. Pada tahap develop rancangan yang diperoleh dari tahap design dikembangkan menjadi modul soal cerita. Pada tahap implement modul yang dikembangkan diujicobakan kepada dosen guru dan siswa. Pada tahap evaluate hasil uji coba dievaluasi dan dilakukan revisi pada bagian-bagian dari modul yang perlu diperbaiki. Produk pengembangan diujicobakan melalui beberapa tahap yaitu (1) validasi modul oleh dosen dan guru matematika (2) validasi bahasa Inggris yang digunakan dalam modul dan (3) uji keterbacaan modul oleh delapan siswa kelas X billingual. Data kualitatif maupun kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan angket. 12288 12288 12288 12288 Persentase hasil penilaian dari kegiatan validasi modul oleh dosen dan guru matematika adalah 91 % . Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran soal cerita matematika kontekstual berbahasa Inggris berada pada kriteria sangat valid. Persentase hasil penilaian guru bahasa Inggris adalah 75 %. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa Inggris yang digunakan dalam modul berada pada kriteria valid. Hasil dari uji keterbacaan modul menunjukkan bahwa modul dapat memotivasi belajar siswa karena menyajikan masalah soal cerita yang menantang dan bahasa Inggris matematika yang membutuhkan pemahaman lebih. Modul direvisi dengan menuliskan check your readiness mini dictionary dan mengganti kalimat pasif menjadi kalimat aktif berdasarkan saran atau komentar dari subjek uji coba. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan modul pembelajaran ini terdiri dari bagian pendahuluan isi dan penutup. Modul memberikan tantangan baru kepada siswa dalam belajar. Hal ini dikarenakan soal cerita persamaan kuadrat nonverbal yang dituliskan dalam bahasa Inggris dan berkaitan dengan permasalahan kontekstual belum pernah dibaca siswa. Modul ini juga memotivasi siswa untuk belajar matematika berbahasa Inggris. Selain itu siswa dapat belajar secara mandiri dengan menggunakan modul ini. Hal ini dikarenakan oleh modul ini dilengkapi langkah-langkah sistematis yang dapat membimbing siswa. Saran dari penelitian ini adalah peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan uji keefektifan modul dalam pembelajaran. Selain itu modul soal cerita pada materi yang lain dengan bahasa Inggris yang komunikatif desain yang menarik dan ekonomis perlu dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17328

Actions (login required)

View Item View Item