Penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier dengan metode dekomposisi sumudu / Dyah Setianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier dengan metode dekomposisi sumudu / Dyah Setianingrum

Setianingrum, Dyah (2013) Penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier dengan metode dekomposisi sumudu / Dyah Setianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setianingrum Dyah. 2013. Penyelesaian Persamaan Diferensial Parsial Nonlinier dengan Metode Dekomposisi Sumudu. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata Kunci Persamaan Diferensial Parsial Transformasi Sumudu Metode Dekomposisi Adomian Metode Dekomposisi Sumudu. Dalam matematika terdapat salah satu topik yang berhubungan dengan bidang sains teknik maupun fisika yaitu persamaan diferensial. Persamaan diferensial dibagi menjadi dua yaitu persamaan diferensial biasa dan persamaan diferensial parsial. Pada persamaan diferensial parsial terdapat persamaan diferensial parsial linier dan persamaan diferensial parsial nonlinier. Metode dekomposisi Sumudu digunakan untuk menyelesaikan persamaan diferensial parsial linier maupun nonlinier. Metode ini merupakan gabungan antara metode dekomposisi Adomian dan transformasi Sumudu. Transformasi Sumudu didefinisikan sebagai . Sifat yang dimiliki transformasi Sumudu hampir sama dengan transformasi Laplace. Sedangkan solusi umum metode dekomposisi Adomian dinyatakan sebagai dengan suku nonliniernya didefinisikan sebagai dengan yang merupakan polinomial Adomian. Sedangkan ide dasar untuk metode dekomposisi Sumudu digunakan persamaan umum dengan nilai awal . Dalam penjabaran metode dekomposisi Sumudu digunakan sifat-sifat transformasi Sumudu dan inversnya serta definisi umum solusi pada dekomposisi Adomian. Untuk membandingkan kedua metode ini digunakan contoh persamaan diferensial parsial nonlinier orde satu dan dua. Sebagai kajian lebih lanjut metode transformasi Sumudu juga diterapkan dalam sistem persamaan diferensial parsial. Jika dibandingkan dengan metode dekomposisi Adomian metode dekomposisi Sumudu lebih efisien karena tidak memerlukan perhitungan yang rumit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17325

Actions (login required)

View Item View Item