Pengembangan multimedia interaktif pada tema indahnya keberagaman di negeriku untuk kelas iv di sd negeri 1 bendungan tulungagung / Fahmi Al Fatih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pada tema indahnya keberagaman di negeriku untuk kelas iv di sd negeri 1 bendungan tulungagung / Fahmi Al Fatih

Fatih, Fahmi Al Fatih (0000) Pengembangan multimedia interaktif pada tema indahnya keberagaman di negeriku untuk kelas iv di sd negeri 1 bendungan tulungagung / Fahmi Al Fatih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi multimedia menjadi salah satu bahan penyelidikan yang menarik dalam bidang pendidikan. Kemajuan era teknologi yang terjadi saat ini memiliki dampak yang positif maupun negatif karena pada dasarnya tergantung pada bagaimana sikap penggunanya. Pembelajaran dengan teknologi multimedia yang memungkinkan peserta didik belajar kapanpun dan dimanapun sehingga tercapainya prestasi belajar yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak dalam pembelajaran tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini ditinjau dengan wawancara dan angket kelayakan multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Borg amp Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Bendungan Tulungagung yang terdiri dari 16 siswa. Objek penelitian ini adalah multimedia berbasis adobe flash dalam pembelajaran tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku. Data hasil dari penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan multimedia yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dari uji coba lapangan dinyatakan layak. Validasi ahli media dilakukan sebanyak 3 tahap dengan aspek yang dinilai adalah tampilan pemrograman dan pembelajaran. Validasi ahli media tahap 1 memperoleh nilai 3 17 (cukup). Ahli media tahap 2 memperoleh nilai 3 45 (baik). Ahli media tahap 3 memperoleh nilai 4 20 (sangat baik). Sementara pada tahap ahli materi terdapat 3 aspek penilaian yaitu materi kesesuaian konsep dan pembelajaran. Validasi ahli materi dilakukan 2 tahap. Validasi tahap 1 memperoleh nilai 3 72 (baik). Validasi tahap 2 memperoleh nilai 3 99 (baik). Uji produk di lapangan dilakukan 1 kali dengan melibatkan 16 siswa dan memperoleh nilai 4 38 (sangat baik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/173215

Actions (login required)

View Item View Item