Implementasi kriptografi dan steganografi menggunakan algoritma RSA dan metode LSB / Rian Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kriptografi dan steganografi menggunakan algoritma RSA dan metode LSB / Rian Arifin

Arifin, Rian (2013) Implementasi kriptografi dan steganografi menggunakan algoritma RSA dan metode LSB / Rian Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kriptografi Steganografi RSA LSB Pesan Rahasia File Gambar Bitmap 24 Bit Perkembangan teknologi mempermudah orang berkomunikasi bentuk komunikasi yang sering digunakan adalah mengirim dan menerima pesan. Seiring berkembangnya teknologi semakin berkembang juga kejahatan terhadap keamanan pesan yang dikirim. Salah satu cara untuk menjaga keamanan pesan adalah menggunakan teknik steganografi. Steganografi adalah ilmu dan seni menyembunyikan pesan rahasia di dalam pesan lain sehingga keberadaan pesan rahasia tersebut tidak dapat diketahui (Munir 2006 301). Metode yang digunakan untuk penyembunyian pesan rahasia adalah metode penyisipan pesan LSB (Least Significant Bit). Metode penyisipan LSB adalah menyisipkan pesan dengan cara mengganti bit LSB pada representasi biner file gambar dengan representasi biner pesan rahasia yang akan disembunyikan. Sebelum disisipkan ke dalam file gambar pesan rahasia disandikan menggunakan teknik kriptografi. Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan pesan dengan cara menyandikannya ke dalam bentuk yang tidak dapat dimengerti lagi maknanya (Munir 2006 2). Algoritma kriptografi yang digunakan adalah algoritma RSA. Huruf RSA pada algoritma RSA berasal dari inisial nama pembuat algoritma RSA yaitu Ron (Rivest) Adi (S)hamir dan Leonard (A)dlenan (Munir 2006 179). Algoritma RSA terdiri dari algoritma enkripsi dan algoritma dekripsi. Algoritma enkripsi RSA untuk menyandikan pesan rahasia menjadi bentuk yang tidak dimengerti maknanya. Algoritma dekripsi RSA untuk mengembalikan hasil penyandian menjadi pesan rahasia yang sebenarnya. Pada skripsi ini penulis menyandikan pesan rahasia berupa file berekstensi txt menggunakan algoritma enkripsi RSA. Hasil dari enkripsi disembunyikan dalam file gambar bitmap 24 bit dengan menggunakan metode penyisipan pesan LSB. Dari proses penyisipan diperoleh file gambar bitmap 24 bit yang disebut dengan stegotext. Membaca pesan rahasia dapat dilakukan dengan mengambil bit-bit stegotext yang telah digunakan untuk menyembunyikan pesan rahasia dan menyusun menjadi karakter pesan rahasia. Pesan yang didapatkan berupa sandi yang tidak dapat dimengerti maknanya sehingga harus dikembalikan ke bentuk pesan aslinya dengan menggunakan algoritma dekripsi RSA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17316

Actions (login required)

View Item View Item