Peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran dengan strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada materi segitiga dan segiempat untuk siswa kelas VII-H SMPN 1 Blitar / Lavanda Dita Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran dengan strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada materi segitiga dan segiempat untuk siswa kelas VII-H SMPN 1 Blitar / Lavanda Dita Kusuma

Kusuma, Lavanda Dita (2013) Peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran dengan strategi Learning Start with a Question (LSQ) pada materi segitiga dan segiempat untuk siswa kelas VII-H SMPN 1 Blitar / Lavanda Dita Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keaktifan siswa Learning Start with a Question Berdasarkan observasi pendahuluan dengan mewawancarai salah satu guru matematika di SMPN 1 Blitar pada hari jumat tanggal 27 Oktober 2012 diketahui bahwa dalam pembelajaran di kelas jarang diterapkan model atau strategi pembelajaran yang bermacam-macam. Metode ekspositori atau ceramah masih menjadi pilihan utama dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika di dalam kelas. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung lebih pasif selama pembelajaran di kelas kurang memiliki keberanian untuk bertanya maupun menyampaikan pendapat di kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Strategi Learning Start with a Question (LSQ). Penelitian ini mendeskripsikan tentang langkah-langkah pembelajaran Strategi Learning Start with a Question (LSQ) yang dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII-H SMPN 1 Blitar pada materi segitiga dan segiempat. Peneliti memilih materi segitiga dan segiempat karena berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa ada separuh lebih siswa yang mendapat nilai di bawah standar kelulusan minimal pada materi garis dan sudut. Padahal materi garis dan sudut adalah materi prasyarat untuk materi segitiga dan segiempat. Karena masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah standar kelulusan minimal pada materi garis dan sudut dikhawatirkan siswa tidak mampu memahami materi segitiga dan segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 2) hasil lembar kerja siswa 3) hasil kuis pada setiap akhir pembelajaran. Data penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan banyaknya pertanyaan pada lembar kerja siswa yang meningkat. Selain itu dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukan adanya peningkatan dari pertemuan pertama sebesar 74.96% menjadi 94.4% pada pertemuan terakhir. Hasil kuis siswa menunjukkan dimana sebanyak 85.71% dari 28 siswa kelas VII-H telah mencapai SKBM yang ditentukan sekolah yakni 75 dalam rentang nilai antara 0 100 maka peneliti memutuskan tidak melanjutkan penelitian pada siklus II. Berdasarkan penelitian tersebut langkah-langkah penerapan Strategi Learning Start with a Question (LSQ) yaitu (1) Guru membagi kelas menjadi 7 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri atas 4 siswa (2) guru mempersilahkan masing-masing anggota kelompok untuk menyampaikan pertanyaan yang telah dibuat minimal 1 pertanyaan (3) guru menyuruh siswa untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disampaikan dalam kelompok (4) guru mempersilahkan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (5) Memberikan kuis untuk mengetahui pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17311

Actions (login required)

View Item View Item