Pengembangan konten media belajar infografis melalui instagram sebagai penguatan pemahaman pada materi sistem pencernaan manusia siswa kelas VIII MTS Raudlatul Ulum Karangploso /Alvionita Citra Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan konten media belajar infografis melalui instagram sebagai penguatan pemahaman pada materi sistem pencernaan manusia siswa kelas VIII MTS Raudlatul Ulum Karangploso /Alvionita Citra Dewi

Dewi, Alvionita Citra (2020) Pengembangan konten media belajar infografis melalui instagram sebagai penguatan pemahaman pada materi sistem pencernaan manusia siswa kelas VIII MTS Raudlatul Ulum Karangploso /Alvionita Citra Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran kerap sekali ditemukan sebuah permasalahan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan ditemukan permasalahan terkait kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran IPA salah satunya sistem pencernaan manusia yang merupakan materi konsep dan kompleks. Salah satu hal yang menjadi faktor adalah waktu belajar yang singkat dan penyampaian materi pembelajaran yang terlalu cepat sehingga tidak semua siswa dapat menerima informasi secara maksimal. Selain itu pembelajaran yang kurang variatif dan terbatasnya sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran membuat siswa kurang tertarik dan kesulitan dalam memahami materi belajar sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan konten media belajar berupa infografis melalui Instagram yang layak digunakan pada mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia. Infografis merupakan media pembelajaran yang menyajikan informasi visual yang kompleks secara jelas sehingga dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. Media infografis melalui Instagram ini juga diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari materi belajar secara mandiri baik di kelas maupun diluar kelas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Sadiman (2008). Dalam model pengembangan ini terdapat 8 tahap yaitu (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan alat ukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Produksi (7) Tes/Uji coba (8) Revisi. Hasil dari uji coba ahli materi memperoleh tanggapan positif dengan penilaian sebesar 94% dan hasil uji coba ahli media yaitu sebesar 95%. Kemudian melalui kegiatan evaluasi perseorangan sebesar 82% Kemudian evaluasi kelompok kecil memperoleh hasil analisis keseluruhan sebesar 87% dan yang terakhir yaitu evaluasi lapangan yang melibatkan 25 siswa secara keseluruhan hasil analisis yang diperoleh sebesar 91%. selain itu pada kegiatan evaluasi hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan nilai gain sebagian 0 49%. Dilihat dari beberapa hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa media infografis dapat dikatakan layak dalam membantu meningkatkan pemahaman siswa terkait materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/173055

Actions (login required)

View Item View Item