Analisis kesalahan konsep matematika pada buku teks SMA kelas X / Parman Thaib Renngiwur - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan konsep matematika pada buku teks SMA kelas X / Parman Thaib Renngiwur

Renngiwur, Parman Thaib (2011) Analisis kesalahan konsep matematika pada buku teks SMA kelas X / Parman Thaib Renngiwur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kesalahan konsep konsep buku teks. Matematika memiliki objek kajian yang bersifat abstrak maka kualitas buku teks matematika akan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. hal tersebut dapat terjadi karena untuk mempelajari suatu materi matematika yang baru pengalaman belajar yang lalu dari seseorang itu akan mempengaruhi terjadinya proses belajar materi matematika tersebut. Adanya kesalahan konsep matematika dalam buku teks akan mengakibatkan siswa mempunyai pemahaman konsep yang salah dan akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan maupun memahami konsep yang selanjutnya Kegiatan utama penelitian ini adalah menganalisis isi buku teks matematika SMA MA kelas X yaitu dalam hal kesalahan dan dengan tujuan untuk perbaikan konsep tersebut. buku teks yang di gunakan sebagai bahan analisis adalah PPM dan berdasarkan hasil analisis di temukan kesalahan konsep pada buku tersebut sebanyak 16 keslahan. Dari hasil analisis ditemukan kesalahan konsep pada buku teks matematika SMA kelas X. Saran-saran yang dapat diberikan sebagai berikut. (1) Guru hendaknya tidak mengikuti sepenuhnya konsep yang disajikan dalam buku teks dan tidak hanya menggunakan satu buku sebagai bahan rujukan dalam membimbing siswa. (2) Siswa hendaknya tidak menggunakan satu buku sebagai acuan dalam belajar dan memilih buku yang berkualitas agar memperoleh konsep materi yang benar. (3) Sekolah hendaknya lebih teliti dalam memilih buku teks matematika yang akan digunakan. (4) Penulis buku teks hendaknya meneliti kembali konsep-konsep yang disajikan pada buku teks dan memperbaiki kesalahan konsep yang ada agar pembaca lebih memahami apa yang mereka pelajari. (5) Penerbit hendaknya merevisi kesalahan konsep yang ada pada buku teks dan agar lebih teliti sebelum menerbitkan buku. (6) Penelitian hendaknya ditingkatkan pada ruang lingkup yang lebih luas. Analisis tidak hanya ditinjau dari aspek konsep materi tetapi diharapkan analisis dikembangkan pada aspek yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17304

Actions (login required)

View Item View Item