Korelasi antara pemanfaatan video sebagai media pembelajaran, motivasi belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran sains kelas V di SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Fauzatul Laila - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara pemanfaatan video sebagai media pembelajaran, motivasi belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran sains kelas V di SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Fauzatul Laila

Laila, Fauzatul (2011) Korelasi antara pemanfaatan video sebagai media pembelajaran, motivasi belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran sains kelas V di SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Fauzatul Laila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemanfaatan video motivasi belajar hasil belajar Sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui signifikasi korelasi antara pemanfaatan video Sebagai media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas V di SDN Pakunden 2 Kota Blitar. (2) Untuk mengetahui signifikasi korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V di SDN Pakunden 2 Kota Blitar. (3) Untuk mengetahui signifikasi korelasi simultan antara pemanfaatan video Sebagai media pembelajaran motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V di SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode desktriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan dilingkungan Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Sukorejo Kota Blitar khususnya pada Sekolah Dasar Negeri Pakunden 2 Blitar. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pakunden 2 Blitar Tahun 2009/2010 di Kecamatan Sukorejo Kota Blitar yang berjumlah 111 siswa. Sampel penelitian adalah sampel total sehingga seluruh anggota populasi dijadikan responden. Teknik pengumpulan data untuk pemanfaatan video Sebagai media pembelajaran dan motivasi belajar dengan menggunakan metode angket sedangkan hasil belajar menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas linearitas dengan taraf signifikansi penelitian sebesar 5%. Hasil penelitian secara deskriptif secara umum menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan video sebagai media pembelajaran memperoleh skor rerata sebesar 37 23 yang berkategori tinggi (2) motivasi belajar memperoleh skor rerata sebesar 66 97 yang berkategori tinggi dan (3) hasil belajar memperoleh skor rerata sebesar 69 34 yang berkategori tinggi. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa (1) Ada korelasi yang signifikan antara Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar siswa kelas V di SDN Pakunden 2 Kota Blitar memperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0 725 dengan signifikansi sebesar 0 000 (2) Ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V di SDN Pakunden 2 Kota Blitar memperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0 728 dengan signifikansi sebesar 0 000 dan (3) Ada hubungan simultan yang signifikan antara Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran motivasi belajar dengan hasil belajar memperoleh nilai R sebesar 0 778 dan R Squre 0 606 dengan signifikansi sebesar 0 000 . Dalam uji hipotesis ini menggunakan taraf kepercayaan 95% dengan probabilitas 5%. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah pemanfaatan video sebagai media pembelajaran dan motivasi belajar baik secara parsial maupun secara simultan memiliki korelasi yang signifikan dengan hasil belajar siswa kelas V di SDN Pakunden 2 Kota Blitar. Disarankan kepada semua pihak terkait yakni kepala sekolah dan guru untuk terus meningkatkan faktor-faktor pemanfaatan video sebagai media pembelajaran guru serta orang tua siswa dan siswa untuk meningkatkan faktor-faktor motivasi beljar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item