Farizi, Syaifuddin (2019) Identifikasi pemahaman materi peluang SMP kelas VIII dengan menggunakan intelligent tutoring system metode bayesian network / Syaifuddin Farizi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Farizi Syaifuddin. 2019. Identifikasi Pemahaman Materi Peluang SMP Kelas VIII Dengan Menggunakan Intelligent Tutoring System (ITS) Metode Bayesian Network. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Mahmuddin Yunus S.Kom. M.Cs. (2) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci Peluang ITS Bayesian Network Web Pemanfaatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat salah satunya digunakan untuk proses pembelajaran. Beberapa masalah pada saat proses pembelajaran seperti (1) tingkat pemahaman materi yang berbeda-beda (2) malu bertanyaan saat proses pembelajaran (3) terbatasnya waktu guru saat diluar jam pelajaran (4) guru tidak bisa mendampingi pembelajaran (5) pemanfaatan teknologi sebagai pendukung proses pembelajaran belum maksimal. Hal tersebut adalah kendala pembelajaran yang dialami guru SMP Negeri 2 Kasembon dalam proses pembelajaran materi peluang SMP kelas VIII yang merupakan materi dasar yang harus ditempuh. Intelligent Tutoring System (ITS) dengan menggunakan metode Bayesian Network merupakan solusi yang tepat sebagai pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran tersebut yang diaplikasikan pada web yang dibangun menggunakan metode R D (Research and Develop) dengan langkah-langkah berikut yaitu identifikasi masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk. Pada tahap identifikasi masalah dengan melakukan wawancara pada salah satu guru matematika SMP Negeri 2 Kasembon mengenai kendala yang dihadapi saat proses pembelajaran. Setelah potensi dan masalah dapat ditunjukkan secara faktual maka dilanjutkan dengan pengumpulan informasi sebagai bahan perencaan produk berupa studi literasi mengenai ilmu peluang Artificial Intelligence (AI) ITS Bayesian Network pada ITS. Selanjutnya desain produk terdapat beberapa tahapan yaitu 1) pembuatan DFD 2) pembuatan ERD 3) Perancangan Basis Data 4) pembuatan flowchart 5) Pembuatan Storyboard dan 6) bayesian network dalam ITS. Pada tahap validasi produk dibuat penilaian validasi ahli produk dan penilaian validasi ahli materi yang memuat beberapa aspek penilaian. Selanjutnya akan di revisi hasil penilaian jika terdapat beberapa kekurangan sesuai dengan input dari validasi ahli. Sedangkan untuk uji coba produk akan dilakukan di SMP Negeri 2 Kasembon dengan subjek guru pengampu mata pelajaran matematika dan beberapa siswa SMP kelas VIII. Pada tahap uji coba akan dibuat penilaian dalam segi kepraktisan penggunaan pada guru dan siswa yang melakukan uji coba produk. Untuk revisi produk akan disesuaikan dengan input dari penilaian uji coba yang dilakukan guru dan siswa dan akan diolah untuk menentukan validasi produk dan kepraktisan produk. ii
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17263 |
Actions (login required)
View Item |