Pengembangan laboratorium virtual matematika berbasis web pada materi bangun ruang untuk sekolah dasar / Ayu Seva Inayati

Inayati, Ayu Seva (2019) Pengembangan laboratorium virtual matematika berbasis web pada materi bangun ruang untuk sekolah dasar / Ayu Seva Inayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Inayati, Ayu Seva. 2018. Pengembangan Laboratorium Virtual Matematika Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Untuk Sekolah Dasar.Skripsi, Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Darmawan Satyananda, S.T, M.T, (II) Dra. Rini Nurhakiki, M.Pd. Kata Kunci : Laboratorium Virtual, Bangun Ruang, Sekolah Dasar Matematika merupakan cabang ilmu pengetahuan yang penting untuk dipelajari, namun matematika juga dikenal sebagai mata pelajaran yang sulit. Ada banyak faktor penyebab siswa menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit. Salah satunya adalah cara penyampaian yang kurang menarik sehingga mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mempelajari matematika. Pada materi bangun ruang, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam hal kemampuan visualisasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan laboratorium virtual untuk membantu menvisualisasikan bangun ruang. Dengan menggunakan laboratorium virtual, pengguna dapat memperoleh manfaat sebagai media pembelajaran sekaligus mengasah kemampuan mengenai bangun ruang. Pengguna laboratorium virtual ini harus membaca materi sebelum melakukan praktikum. Setelah melakukan praktikum pengguna melanjutkan dengan mengerjakan soal yang sesuai dengan praktikum. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Laboratorium virtual yang bernama ÔÇØLabvir Bangun RuangÔÇØ ini berbentuk aplikasi berbasis web yang disusun menggunakan software Macromedia Dream Weaver dan Adobe Flash, yang dijalankan pada browser. Jenis data yang diperoleh dari hasil validasi terhadap produk adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif merupakan hasil penilaian angket sedangkan data kualitatif berupa saran. Teknis analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas. Berdasarkan uji validitas, aplikasi memperoleh nilai 3,63, untuk uji kepraktisan memperoleh nilai 3,7dan persentase keefektifan sebesar 90%. Dengan demikian aplikasi ÔÇØLabvir Bangun RuangÔÇØ dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Kelebihan laboratorium virtual ini adalah mampu memuat banyak gambar tanpa mengganggu kinerja program, memuat 6 praktikum yang berbeda dalam satu program, dan soal yang dirancang secara acak sehingga pengguna tidak mengetahui soal yang akan muncul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17261

Actions (login required)

View Item View Item