Algoritma Reactive Greedy Randomized Adaptive Search Procedure (RGRASP) pada Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) dan implementasinya / Umi Farikhah

Farikhah, Umi (2018) Algoritma Reactive Greedy Randomized Adaptive Search Procedure (RGRASP) pada Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) dan implementasinya / Umi Farikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi Abstrak Farikhah, Umi.2018. Reactive Greedy Randomized Adaptive Search Problem (RGRASP) untuk Meyelesaikan Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) dan Implementasinya. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Sapti Wahyuningsih, M.Si. (II) Darmawan Satyananda, S.T, M.T. Kata kunci : distribusi, graph, vehicle routing problem (VRP), multi depot vehicle routing problem (MDVRP), algoritma RGRASP. Permasalahan pengiriman suatu barang di dalam kehidupan sehari-hari sering dikenal sebagai proses distribusi. Permasalahan distribusi tersebut dapat diselesaikan dengan berbagai cara salah satunya menggukan teori graph. Salah satu permasalahan distribsusi dalam teori graph di kenal dengan Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) dimana dalam permasalahan tersebut terdapat beberapa depot yang harus melayani beberapa customer dengan tidak melanggar kendala kapasitas kendaraan yang digunakan. Permasalahan MDVRP dapat diselesaikan dengan beberapa algoritma yang ada salah satunya adalah Reactive Greedy Randomized Adaptive Search Procedure (RGRASP). Langkah pertama pada algoritma RGRASP adalah mengelompokkan customer ke depot menggunakan algoritma Greedy. Langkah kedua adalah membentuk solusi dengan menggunakan algoritma Constructive Greedy. Langkahnya, diawali dengan memasukkkan daftar kandidat customer yang akan dipilih ke dalam CL(candidate list) kemudian daftar kandidat tersebut akan dibatasi menurut nilai parameter yang telah ditentukan dan dimasukkan ke dalam RCL (restricted candidate list). Dari RCL customer dipilih secara acak sampai tidak ada customer yang dilayani lagi dan selanjutnya membentuk rute berdasarkan customer yang telah dipilih secara acak. Langkah tersebut diulang-ulang hingga semua customer masuk kedalam rute dan diperoleh solusi. Bedasarkan contoh permasalahan dan uji coba yang telah dilakukan, permasalahan MDVRP yang diselesaikan dengan menggunakan algoritma RGRASP dapat menghasilkan beberapa solusi yang lebih baik dibandingkan dengan algoritma Multiple Ant Colony System (MACS). Implementasi dari algoritma RGRASP untuk MDVRP dalam bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0 berhasil dirancang secara terstruktur. Aplikasi diuji coba untuk kasus 2 depot 9 customer, 2 depot 15 customer, dan 3 depot 25 customer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17260

Actions (login required)

View Item View Item