Sistem pendukung keputusan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit menggunakan metode SMART (Simple Multy Attribute Rating Tecniqaue) / Ahmad FaÔÇÖizal

FaÔÇÖizal, Ahmad (2018) Sistem pendukung keputusan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit menggunakan metode SMART (Simple Multy Attribute Rating Tecniqaue) / Ahmad FaÔÇÖizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK FaÔÇÖizal, Ahmad. 2018. Sistem pendukung Keputusan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Web Menggunakan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique). Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Mohamad Yasin, S. Kom., M.Kom. Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan (SPK), SMART, PHP, MySQL. Sebuah instansi selalu dihadapkan pada beberapa pilihan di dalam pelaksanaan penentuan sebuah keputusan. Pengambilan keputusan yang tepat akan memberikan pengaruh ke depannya. Permasalahan tentang pengambilan keputusan ini juga dialami oleh rumah sakit yang mengharapkan kepuasan bagi pasiennya. Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan kemajuan rumah sakit tersebut. Kualitas pelayanan merupakan sesuatu yang sulit untuk diukur, berbeda dengan produk fisik yang berupa barang, pelayanan selalu bervariasi dari waktu ke waktu dan bervariasi dari satu service provider ke service provider yang lainnya. Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) merupakan metode yang sering digunakan dalam SPK. Metode SMART diharapkan dapat menjadi solusi yang cukup efektif dalam mengurangi permasalahan menyangkut kepuasan kualitas pelayanan rumah sakit sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan pihak rumah sakit. Metode SMART dipilih karena metode tersebut dapat merangking data yang memiliki banyak atribut dengan cara yang sederhana. Selain itu juga penambahan maupun pengurangan atribut/kriteria tidak mempengaruhi perhitungan pembobotan karena setiap penilaian alternatif tidak bergantung antara satu dan lainnya, dan karena dalam sistem ini menampilkan banyak kriteria yang disediakan maka akan lebih efisien menggunakan metode SMART. Proses pembuatan program SPK menggunakan aplikasi visual studio code dengan bahasa pemrograman PHP. Tahap-tahap perancangan program adalah dengan menganalisa sistem yang sedang berjalan kemudian mengembangkan dengan merancang sistem baru atau sistem yang akan dibuat. Produk yang dihasilkan berupa program sistem pendukung keputusan berbasis web. Dari hasil validasi prototype sistem tersebut menunjukkan bahwa metode SMART yang digunakan memiliki nilai rata-rata validasi ahli materi 4,1, rata-rata validasi ahli media 4,1, dan rata-rata kepraktisan 4,2. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa program aplikasi sistem pendukung keputusan tingkat kepuasan pasien terhadap rumah sakit menggunakan metode SMART ini dapat diterapkan pada rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17255

Actions (login required)

View Item View Item