Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education Topik Aritmetika Sosial / Teta Lalvina

Lalvina, Teta (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education Topik Aritmetika Sosial / Teta Lalvina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lalvina, Teta. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education Topik Aritmetika Sosial. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Abd. Qohar,M.T, (II) Mahmuddin Yunus, S. Kom, M. Cs. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Aritmetika Sosial Berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada salah satu guru matematika di SMPN 10 Malang, ditemukan adanya kesulitan yang dialami oleh guru ketika menyampaikan materi aritmetika sosial. Kesulitan terletak pada submateri aritmetika sosial yang banyak namun alokasi waktu yang ada cukup singkat, kemudian kurangnya keinginan siswa untuk membaca permasalahan yang biasa dikemas dalam soal cerita, sehingga siswa tidak mengetahui maksud soal. Wawancara juga dilakukan kepada beberapa siswa SMPN 10 kelas VII yang mengatakan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika hanya berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan buku paket saja, sehingga mereka menjadi bosan dan kurang tertarik mempelajari matematika. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) topik aritmetika aosial. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer dengan pendekatan RME topik aritmetika aosial yang valid, praktis dan efektif. Media pembelajaran yang dihasilkan diberi nama ÔÇ£The ArtSÔÇØ. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan Plomp dengan tiga langkah penelitian yaitu (1) Fase penelian awal (preliminary research), (2) fase prototipe (prototype phase) dan (3) fase penilaian (assessment phase). Dilakukan uji coba terbatas kepada 9 orang siswa kelas VII SMPN 10 Malang dengan kemampuan yang heterogen. Skor rata- rata hasil validasi media oleh ahli media sekaligus ahli materi adalah 3,1; validasi lembar observasi kegiatan guru adalah 3,375; validasi lembar observasi kegiatan siswa adalah 3,375; dan validasi angket respon siswa adalah 3,375, sehingga ÔÇ£The ArtSÔÇØ memenuhi kriteria valid. Observasi kegiatan guru menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,5; observasi kegiatan siswa menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,227, dan angket respon siswa menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,872, sehingga ÔÇ£The ArtSÔÇØ memenuhi kriteria praktis. Sedangkan hasil pengerjaan tes evaluasi menyatakan 77,78% siswa mendapatkan nilai diatas nilai KKM yaitu 75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17254

Actions (login required)

View Item View Item